BPTD Wilayah III Sumbar Sediakan Parkir Sepeda di Khatib Sulaiman

32
Gubernur Sumbar didampingi Kepala BPTD Sumbar menyerahkan hadiah kepada Juara 2 kompetisi mural Arif Rafman.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar, menyediakan fasilitas tempat parkir sepeda, di trotoar baru di Jalan Khatib Sulaiman, Padang.

Dengan adanya fasilitas parkir sepeda yang terbuat dari besi itu, pesepeda yang ingin parkir tinggal menaruh ban bagian depan pada ruang kosong di sela-sela besi fasilitas parkir tersebut.

Penyerahan fasilitas parkir sepeda yang terdapat di Transmart Padang itu dilakukan oleh Kepala BPTD Wilayah III Sumbar Deny Kusdyana kepada Kepala Dishub Kota Padang Dian Fakri, bertepatan dengan puncak peringatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ 2020), Rabu (30/9/2020) di Grand Inna Padang.

Kepala BPTD Wilayah III Provinsi Sumbar, Deny Kusdyana mengatakan, bantuan fasilitas parkir sepeda ini, hanyalah sebagai pancingan. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, dapat memotivasi pemerintah daerah, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumbar dan kabupaten kota dapat menganggarkan tahun depan, untuk menyediakan lebih banyak lagi fasilitas parkir sepeda.

“Termasuk juga BUMN, BUMD maupun stakeholder dari perusahaan swasta juga dapat ikut berpartisipasi menyediakan fasilitas parkir sepeda melalui program CSR-nya nanti,” harap Deny.

Acara puncak juga bertabur hadiah doorprize berupa helm sepeda, televisi, sepeda lipat, dan lainnya. Acara dimeriahkan hiburan musik, stand up comedy, tari tradisional Minang.

Baca Juga:  Kisah Syamsuarina, Penerima Pertama Beasiswa UPZ Baznas Semen Padang

Peringatan puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Forkopimda, Kadishub Sumbar Heri Nofiardi, Kadishub Padang Dian Fakri, dan Kepala Jasa Raharja Sumbar, Organda, ASDP, dan lainnya.

“Meski menggelar berbagai acara, namun kegiatan itu, kita tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Termasuk untuk acara puncak ini, undangan yang hadir kita batasi, tempat duduk kita atur jaraknya. Termasuk wajib gunakan masker dan sebelum masuk, suhu badan undangan diukur dan wajib menggunakan handsanitizer,” ungkap Deny.

Sementara, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi BPTD Wilayah III Sumbar yang telah sukses melaksanakan rangkaian sosialisasi Pekan Nasional Keselamatan Jalan di Sumbar. “Kegiatan ini sangat bagus. Karena memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang transportasi,” ujar Irwan Prayitno.

Melalui Pekan Nasional Keselamatan Jalan juga dilaksanakan sosialisasi bersepeda di Sumbar. “Bersepeda sekarang digandrungi masyarakat. Namun, saya ingatkan bersepeda harus tetap ikuti protokol kesehatan. Juga tetap perhatikan keselamatan di jalan raya,” ajak Irwan Prayitno

Usai sambutannya, gubernur langsung didapuk menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba mural dan peserta rally fun bike, dan setelah itu bergegas beranjak dari lokasi acara untuk mengikuti webinar dengan Kemendagri. (hsn)