Beragam Kreativitas Siswa Ditampilkan, SMAN 9 Padang Panen Projek

10
BERBAKAT: Plt Kadisdik Sumbar, Suryanto didampingi Kepala SMAN 9 Padang, Yuni Era meninjau stand pameran kreativitas siswa, kemarin.(IST)

Berstatus sebagai sekolah penggerak, membuat SMAN 9 Padang banjir kreativitas. Ini diketahui saat panen projek siswa, sekolah penggerak angkatan I yang dilaksanakan di halaman SMAN 9 Padang, kemarin.

Pada kegiatan yang mengangkat tema “Membangun Profil Pelajar Pancasila dan Mewujudkan Generasi Emas melalui Merdeka Belajar” tersebut, ditampilkan berbagai kreativitas siswa mulai dari berbagai kegiatan kewirausahaan hingga penggalian bakat siswa.

“Sesuai dengan keinginan pusat (Kemendikbud Ristek, red), setiap siswa memang dituntut untuk kreatif. Itulah sekolah penggerak dengan kurikulum merdeka belajar,” ujar Plt Kadisdik Sumbar, Suryanto kepada wartawan kemarin.

Diakui, seberapa besar lulusan SMA di terima di perguruan tinggi negeri, menjadi indikator keberhasilan dari suatu sekolah. Karena itu sangat dibutuhkan pembelajaran yang berbasiskan kompetensi. Dan SMAN 9 Padang memiliki itu semua.

Kepala SMAN 9 Padang, Yuni Era menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan suatu bagian dari rangkaian proses pendidikan. Dan sebagai sekolah penggerak wajib memperlihatkan projek siswa.

“Kami selalu membuka ruang untuk pengembangan kompetensi siswa. Dan hari ini (kemarin, red) siswa kami sudah menampilkan semua potensi yang dimilikinya. Termasuk dalam bidang pembangunan Ilmu Ketaqwaan, di mana kami juga mewisuda puluhan tahfiz,” sebutnya.

Baca Juga:  Batang Arau Tercemar Mikroplastik, Kualitas Air Melewati Baku Mutu

Ketua Komite SMAN 9 Padang, Efendi Rasyid mengatakan, kemajuan sebuah sekolah ditentukan oleh tiga faktor. Yakni, kepala sekolah dan guru, peserta didik dan wali murid. Jika wadah ini saling bersinergi, pihaknya meyakini sekolah akan bertambah maju.

“Itulah pentingnya bagaimana kita bisa saling bersingergi dalam membangunan SMAN 9 Padang, tanpa adanya kerja sama yang baik, maka apa yang diharapkan tidak akan berhasil. Softskills juga menjadi indikator kemajuan dari sebuah lembaga,” akunya.

Sementara Camat Pauh, Jasman berharap, sebagai salah satu sekolah andalan di Kecamatan Pauh, para lulusan SMAN 9 Padang nantinya hendaknya bisa menjadi penyumbang mahasiswa terbanyak yang diterima di Unand.

Menariknya, sebelum prosesi panen projek dimulai, juga didahulukan dengan acara babako, dengan melakukan arak-arakan layaknya urang minang baralek gadang. Pada kesempatan itu juga dilibatkan anak daro dan marapulai serta penampilan bakat siswa serta wisuda tahfiz. (zul)