Nestapa Bambang Jelang Idul Adha, Usaha Ternak Kambingnya Terbakar

17

Kandang kambing beserta 14 ekor kambing dari 16 ekor kambing yang berada di dalam kandang, terbakar, Jumat dinihari (2/7/2021). Terbakarnya usaha peternakan kambing milik Bambang Sugiatno di Jalan Gadut, RT 01/RW 02, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, itu meninggalkan nestapa mendalam baginya.

Bambang Sugiatno mengaku, akibat kebakaran tersebut ia menderita kerugian mencapai Rp45 juta. “Kerugian itu termasuk dengan nilai kandang kambing yang hangus terbakar,” kata Bambang seperti dikutip dari Klikpositif.

Pria berusia 53 tahun itu menyebut bahwa peristiwa kebakaran diketahuinya sekitar pukul 04.45 WIB dinihari, setelah diberitahu warga.

Bambang menduga, kebakaran kandang kambingnya itu disebabkan oleh tumpukan kayu yang sengaja dibakarnya sore sebelum kejadian. “Saya membakar kayu tersebut untuk membuat asap agar tidak banyak nyamuk,” ujarnya.


Usaha peternakan kambing ini, sebut Bambang, merupakan satu-satunya sumber mata pencariannya dan keluarga. Dan tentunya, akibat kebakaran tersebut, dirinya harus kehilangan mata pencarian.

Bambang juga menyebut bahwa usaha peternakan kambing ini baru berjalan 2 tahun. Sebelumnya, dirinya tinggal di Batam dan bekerja sebagai ABK di perairan Batam-Singapura,” bebernya.

Baca Juga:  Semester I, 69 Pekerja Kena PHK

“Saya kerja jadi ABK 6 tahun lalu, karena faktor usia makanya pulang ke Padang. 4 Tahun di Padang, barulah saya merintis usaha peternakan kambing. Sekarang, saya harus bagaimana lagi,” ungkap Bambang, sedih.

Memulai dari nol, tambah Bambang, tentu harus membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi saat ini, pengeluaran kebutuhan keluarga sangat mendesak, karena kedua anaknya yang baru lulus sekolah, akan lanjut kuliah.

“Anak saya paling besar lulus SMAK Padang dan nomor dua lulus SMA. Saat meningkatnya kebutuhan sekolah anak-anak, saya kehilangan mata pencarian,” pungkas Bambang.(*)