Peletakan Batu Pertama Pasar Rakyat Belimbing, Hendri: Terima Kasih Andre

50

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra H Andre Rosiade dan Wali Kota Padang Hendri Septa melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Rakyat Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Selasa (2/8/2022). Pasar bernilai Rp4 miliar ini dijadwalkan selesai dalam lima bulan ke depan, atau Desember 2022.

Turut hadir Ketua DPRD Padang Syafrial Kani, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar, Ketua DPC Gerindra Kota Verry Mulyadi, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang Mastilizal Aye, Anggota Fraksi Gerindra DPRD Padang Amrantono, Muzni Zein, Manufer Putra Firdaus dan Dewi Susanti. Juga terlihat para kepala OPD se-Kota Padang dan tokoh masyarakat Kuranji.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Didi Haryadi mengatakan, pembangunan ini didanai Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI untuk pembangunan fisik dan juga pengawasannya. “Terima kasih kepada pedagang dan tokoh masyarakat yang mendukung rencana pembangunan pasar ini. Semoga tidak ada kendala dalam pengerjaan,” kata Asisten II Pemko Padang ini.

Didi mengatakan, bangunan seluas 512 M2 ini semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pedagang dan warga. “Kami berkomitmen, pasar ini akan bermanfaat untuk pedagang pasar karena dibangun lebih baik. Kemendag RI menciptakan pasar yang aman, nyaman dan bersih dan meningkatkan minat masyarakat berbelanja,” katanya.

Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar sangat bersyukur dengan dimulainya pembangunan pasar rakyat ini. “Alhamdulillah hari ini kami diminta Wako Padang Hendri Septa menghadiri peletakan batu pertama. Ini sesuai komitmen kami, sebagai anggota DPR RI berkontribusi membangun daerah,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre kembali menegaskan, meski berbeda partai dengan Wali Kota yang juga Ketua DPD PAN Padang tapi dia tetap membantu pembangunan. Karena setelah kompetisi politik selesai, semua harus bergandengan tangan dalam pembangunan. “Di pusat sudah dicontohkan bagaimana pak Prabowo dan pak Jokowi. Bersaing ketat di Pilpres, tapi bergandengan tangan membangun Indonesia. Membuat Indonesia lebih cepat lepas dari pandemi Covid-19,” kata Andre.

Andre Rosiade menyebut, pada pembangunan Pasar Rakyat Belimbing ini, merupakan kinerja bersama antara Wali Kota Padang yang ketua PAN dan Andre sebagai Ketua Gerindra Sumbar. “Begitu juga di Sawahlunto, kami turut meresmikan kick off pembangunan kembali jalur kereta api Mak Itam ke Muaro Kalaban. Wali Kota Sawahlunto Deri Asta juga dari PAN. Pun demikian di Sijunjung yang Bupatinya Golkar dan Padangpanjang yang Ketua NasDem,” katanya.

Baca Juga:  Nevi Gelar Workshop Pemasyarakatan E-Commerce Pelaku UMKM Padangpariaman

Setelah ini, kata Andre, ada pembangunan Pasar Raya Fase VII yang dibangun tahun ini. Selanjutnya tahun depan Pasar Ulak Karang. “Karena pembangunan Sumbar harus dilakukan bersama, kolaborasi, gotong-royong dan kerja sama semua pihak. Karena tidak bisa dilakukan satu kelompok saja. Kalau begitu terus dilakukan, kita akan tertinggal. Karena sekarang kita memang mulai tertinggal. Harus ada perubahan mindset, cara berpikir dan cara bekerja,” katanya.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyebutkan, ketika Sekda Padang Andree Algamar memberikan jadwal peletakan batu pertama Pasar Belimbing, dia langsung teringat Andre Rosiade. “Saya langsung teringat pak Dewan Andre Rosiade. Tak akan pernah kami lupa jasa dan perhatian pak Andre Rosiade untuk Kota Padang,” kata Hendri Septa.

Khusus untuk Pasar Belimbing, kata Hendri Septa, sebelumnya telah ditinjau bersama Andre Rosiade. Begitu juga dengan Pasar Fase VII. “Sekarang bisa kita sama-sama saksikan pembangunannya. Terima kasih pak Andre Rosiade. Kami minta kontraktor pembangun lebih serius dalam membangun pasar ini,” kata Hendri Septa.

Hendri mengaku senang dengan kerja sama dengan Andre Rosiade, meski berbeda partai. “Asal untuk rakyat Kota Padang, saya siap berkolaborasi. Kerena wakil rakyat yang bisa berperan mempercepat pembangunan. Bahkan pak Andre Rosiade ini yang membawa saya perdana bertemu menteri-menteri. Alhamdulillah, pak Andre Rosiade membuka jalan. Makanya pembangunan berjalan lancar,” katanya.

Hendri Septa mengatakan, pasar rakyat adalah wadah yang mempertemukan penjual-pembeli dari warga masyarakat. “Insya Allah terjadi transaksi yang menguntungkan. Pemko Padang juga akan merasakan dampak positif, walaupun tidak langsung. Kita berharap pasar belimbing ini tidak kalah dengan pasar-pasar lainnya di Kota Padang dan pasar lain yang baru dibangun. Seperti Pasar Lubuk Buaya. Juga pasar atau plasa seperti Transmart dan lainnya. Mari kita kawal bersama. Ini sangat bermanfaat dan mulia. Dari rakyat untuk rakyat,” katanya. (*)