Tingkatkan Produksi Beras, 19 Keltan Dibantu Alsintan

4
PEDULI: Anggota DPR RI, Hermanto didampingi Kepala Distan Kota Padang, Syahrial Kamat menyerahkan secara simbolis alsintan kepada kelompok tani.(IST)

Dinas Pertanian (Distan) Kota Padang menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada 19 kelompok tani (keltan) di Kota Padang. Bantuan alat mesin pertanian tersebut merupakan dana pokok pikiran (pokir) dari anggota DPR RI, Hermanto.

Kepala Distan Kota Padang, Syahrial Kamat kepada Padang Ekspres, kemarin (1/9) mengatakan, bantuan alat mesin pertanian yang diberikan kepada 19 kelompok tani itu di antaranya hand sprayer elektrik, pompa air ukuran 3 inchi, traktor roda dua, traktor roda empat, cultivator, dan power thresher.

Ia merincikan, alat hand sprayer elektrik diserahkan sebanyak 4 unit kepada 4 kelompok tani yakni Parakjigarang II, Tunas Baru, Padi Rimbun, dan Keltan Cinta Maju yang keseluruhannya berada di Kecamatan Kuranji.

Kemudian 5 unit pompa air ukuran 3 inch diberikan kepada Keltan Ampang Utara, Minang Setia, Koto Marapak, Keltan Subur, dan Keltan Minang Saiyo. Sementara untuk traktor roda dua diserahkan sebanyak 5 unit kepada Keltan Ampang Banda Gadang, Sepakat Baru, Keltan Saiyo, Sumber Makmur, dan Keltan Pagai I.

Untuk alat traktor roda empat diserahkan kepada Keltan Rezki Ilahi di Kelurahan Koronggadang, Kecamatan Kuranji serta 4 unit cultivator alat untuk mengolah tanah yang diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Annisa Sakinah, Keltan Janjang Bendera, dan Keltan Makmur.

Baca Juga:  Kelola Sampah Dari Hulu Hingga Hilir

Selanjutnya alat power thresher atau alat pemisah padi dengan gabah sebanyak satu unit diberikan kepada Keltan Padi Rimbun di Kelurahan Koronggadang, Kecamatan Kuranji. Lebih lanjut disampaikan seluruh alat mesin pertanian tersebut sudah diserahkan kepada 19 kelompok tani.

Ke depan dalam waktu dekat pihaknya juga akan mendapatkan bantuan pokir dari anggota DPR RI lainnya yakni Andre Rosiade. Dengan adanya bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani di Kota Padang diharapkan produk beras di Kota Padang bisa maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap beras.

“Selain itu dengan alat pertanian modern tersebut diharapkan bisa mengurangi pengeluaran para kelompok tani karena lebih efektif dan efisien,” tukasnya. (adt)