Mencuri, Residivis Kembali Ditangkap

41
Pelaku pencurian saat diinterogasi petugas Satreskrim Polsek Kuranji. (IST)

Seorang sopir angkot diamankan Tim Reserse Kriminal Polsek Kuranji karena diduga mencuri HP dan uang tunai di salah satu toko buah di Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji.

Informasi yang diterima Padang Ekspres, pelaku diketahui berinisial R, 39, warga Jalan Ampang belakang SPBU, Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji. Dia merupakan residivis dalam kasus yang sama tahun 2019.

Panit 1 Satreskrim Polsek Kuranji Ipda Mardianto Padang mengatakan, kasus ini berawal dari laporan korban ke Polsek Kuranji beberapa waktu lalu. Dalam laporan itu, korban mengaku mengalami tindak pidana pencurian dua unit HP dan uang tunai Rp 500 ribu.

Berdasarkan laporan itu, Tim Reskrim Polsek Kuranji bergerak melakukan penyelidikan. Hasilnya, diperoleh data pelaku dari rekaman CCTV yang terpasang di tempat kejadian perkara (TKP).

Setelah itu, sambung Mardianto, didapati informasi bahwa pelaku berada di sebuah rumah di Kelurahan Ampang. Tim yang dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Kuranji kemudian melakukan penangkapan.

“Saat diamankan, pelaku tidak memberikan perlawanan. Lalu langsung kita giring ke Mapolsek untuk diinterogasi. Ternyata pelaku ini residivis kasus yang sama dan bebas pada 2019,” katanya kemarin (1/12).

Baca Juga:  Ibu-ibu RW 05 Kelurahan Padangbesi Juara I Lomba Marandang

Saat ini pelaku sudah ditahan dan kasusnya sedang diproses untuk pelimpahan ke kejaksaan. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara di atas lima tahun.

Dia menambahkan, modus pelaku berpura-pura mendatangi target incaran untuk membeli sesuatu. Saat korban meninggalkan tokonya, pelaku masuk lalu menggasak dua unit HP merek Oppo dan uang tunai Rp 500 ribu. Kemudian pelaku segera kabur dari lokasi,” ujar Mardianto. (i)