Ditimpa Pohon Tumbang, Tiga Rumah dan 3 Mobil Rusak

39
Petugas BPBD Kota Padang membersihkan material pohon tumbang yang menimpa satu unit rumah di Kota Padang, kemarin. (IST)

Cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Padang sejak siang hingga sore hari kemarin mengakibatkan 22 pohon tumbang yang tersebar di beberapa titik di Kota Padang.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, pohon tumbang menimpa 3 unit rumah warga. Pohon berukuran 20 meter sampai 25 meter itu menyebabkan rumah warga rusak berat.
Selain merusak rumah warga, pohon tumbang juga menimpa 3 unit mobil operasional di area parkir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang. Pohon tumbang juga sempat menghambat akses jalan dan menimpa kabel listrik.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Sementara untuk kerugian materil, pihaknya masih melakukan pendataan. Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Padang, Sutan Hendra kepada Padang Ekspres membenarkan peristiwa pohon tumbang di beberapa lokasi di Kota Padang.

“Sampai saat ini kami mendata ada 22 pohon yang tumbang di sejumlah lokasi di Kota Padang. Pohon yang tumbang itu didominasi oleh pohon jenis kedondong dengan ukuran antara 20 sampai 25 meter,” jelasnya.

Pohon tumbang terdapat di Jalan Mustika Raya Kelurahan Pagambiran, Lubukbegalung (Lubeg), Jalan Balaibaru depan SMAN 5 Padang, depan Kantor Camat Nanggalo, di stasiun Tabing, Lapai Simpang Tinju dan di belakang rumah Sekretaris Daerah Kota (Sekko) Padang.

Pohon tumbang juga terjadi di SMAN 5 Balaibaru depan bengkel, di depan Masjid Raya Nurul Iman Padang, kompleks belakang Balaikota Padang, Balaibaru di samping Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jalan Belibis di dekat Universitas Negeri Padang (UNP), dan Kompleks Kehutanan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Andre Rosiade Salurkan Sembako di Kampung Kalawi Kuranji

Pohon tumbang juga terjadi di daerah Sungaisapih, Jalan Denai Dadok Tunggulhitam, di depan kantor Lurah Bungo Pasang, di PDAM Gunungpangilun, di kawasan Pasirjambak depan Bakso Mas Fuji Perumahan PPI Kelurahan Pasir Nantigo, di dekat SDN 43 Sungaisapih dan Jalan Bingkuang 2 Dadok Tunggulhitam.

“Pohon tumbang tersebut membuat akses jalan sempat terputus. Saat ini 10 pohon tumbang telah dievakuasi dan dibersihkan, sementara sisanya masih dalam pengerjaan,” ujar Sutan.

Sementara lokasi pohon tumbang yang menimpa 3 unit rumah terjadi di daerah Jalan Belibis UNP Airtawar yang menimpa 1 unit rumah, di Jalan Gajah yang menimpa 1 unit rumah dan di RT 03 RW 04 Seberangpalinggam yang juga menimpa 1 unit rumah.

“Rumah yang ditimpa pohon tumbang itu mengalami rusak berat terutama di bagian atap rumah. Saat proses evakuasi sedikit mengalami kesulitan karena harus berhati-hati agar bagian rumah lain tidak ikut rusak,” kata Sutan.

Sementara 3 unit mobil yang berada di tempat parkir RSUD dr. Rasidin Padang mengalami kerusakan usai ditimpa pohon tumbang. Dalam proses evakuasi pohon tumbang, pihaknya membagi 4 tim dimana satu tim terdiri dari 5 sampai 6 orang. Ke-4 tim tersebut disebar ke-22 lokasi pohon tumbang.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka. Sementara untuk evakuasi terus dilakukan di beberapa lokasi. Ditargetkan evakuasi selesai pada malam hari. Terakhir Sutan mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati ketika cuaca buruk terjadi dan memperhatikan setiap lokasi ketika beraktivitas di luar rumah. (a)

Previous articleDipicu Kesulitan Ekonomi Dampak Pandemi, Kasus Gizi Buruk Meningkat
Next articlePetugas Temukan 10 Sajam di Kamar Tahanan