Lagi, Lapak PKL di Jalan Sandang Pangan Ditertibkan

Petugas Disdag Kota Padang menertibkan lapak PKL yang berjualan di Jalan Sandang pangan, kemarin (2/4). (Adetio - Padek)

Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang kembali menertibkan lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjang Jalan Sandang Pangan, Pasar Raya Padang, Kamis (2/3). Penertiban tersebut merupakan lanjutan dari penertiban yang dilakukan beberapa hari yang lalu.

Pantauan Padang Ekspres, petugas Disdag Kota Padang dibantu Satpol PP dan SK4 Padang meminta masyarakat untuk memindahkan lapak-lapak mereka yang dipasang di luar batas yang telah disepakati. Sempat terjadi aksi penolakan dari PKL yang tidak mau memindahkan dan membongkar lapak milik mereka yang dipasang di pinggir Jalan Sandang Pangan tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan, penertiban yang dilakukan di jalan Sandang Pangan merupakan upaya untuk menciptakan Kota Padang yang tertib dan rapi.

Penertiban PKL tersebut juga sebagai langkah antisipasi penyebaran virus korona (Covid-19) di Kota Padang, khususnya tempat-tempat PKL yang berada di pusat keramaian dan kebersihannya kurang terjaga. “Ini penertiban kedua yang kami lakukan kepada PKL yang ada di Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang,” ujarnya.

Endrizal mengungkapkan, setelah lapak-lapak PKL ini ditertibkan, akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap sudut Jalan Sandang Pangan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di Pasar Raya.

Terkait penolakan dari para PKL, Endrizal menyebutkan, hal tersebut sudah biasa terjadi pada setiap dilakukan penertiban. Namun setelah melakukan diskusi dengan perwakilan PKL, maka didapatkan keputusan bahwa PKL tetap bisa berjualan di Sandang Pangan namun harus di batas-batas yang ditentukan.

“Jadi batas berjualan ditetapkan tidak boleh melebihi pembatas beton yang telah dipasang di pinggir Jalan Sandang Pangan. Hal itu telah disepakati oleh para pedagang,” ungkapnya.

Jika nantinya ditemukan PKL yang melanggar aturan maka pihaknya akan melayangkan Surat Peringatan (SP) bahkan sampai penertiban. Lebih lanjut Endrizal mengungkapkan, penertiban lapak PKL di pasar untuk menciptakan kondisi pasar yang teratur dan bersih.

Sementara itu, salah seorang PKL di Jalan Sandang Pangan, Ramlan mengatakan pihaknya telah sepakat dengan Disdag Kota Padang untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Kami sepakat untuk tidak melanggar batas berjualan di Jalan Sandang Pangan. Jika ada di antara kami yang melanggar, maka Disdag Kota Padang dipersilakan untuk menyita lapak mereka,” jelasnya. (*)