Warga Bisa Akses Wifi Gratis di Perkantoran

26
Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Asisten 1 Edi Hasymi dan Kepala Diskominfo Rudy Rinaldy memperlihatkan stiker berisikan ID dan password wifi di Kantor Lurah Belakangtangsi, Kamis (29/4) lalu. (IST)

Masyarakat Kota Padang kini telah dapat memanfaatkan wifi gratis yang terpasang di setiap kantor lurah, kecamatan dan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Padang.

Hal itu ditandai dengan pemasangan stiker bertuliskan ID dan password wifi oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, di Kantor Lurah Belakangtangsi, Kecamatan Padang Barat pada Kamis (29/4) lalu.

Turut mendampingi wali kota, Asisten I Edi Hasymi, Kepala Dinas Kominfo Rudy Rinaldy, serta Camat Padang Barat Eri Sendjaya. Hendri Septa mengatakan, penyediaan wifi gratis ini seiring meningkatnya kebutuhan internet bagi masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19.

Wifi gratis dinilai akan sangat membantu pelajar dan mahasiswa yang belajar daring. Begitu juga untuk urusan bisnis, kegiatan usaha dan berbagai hal positif lainnya.
“Wifi gratis ini memang merupakan program yang sudah lama, tetapi selama ini kami hanya memberikan ID dan paswordnya kepada warga yang mengurus keperluan ke kantor lurah saja,” ungkap Wako.

Selain kantor pemerintahan wifi gratis juga dipasang di tempat-tempat ibadah, dimana saat ini sudah terpasang sebanyak 21 wifi gratis yang tersebar di masjid/mushala se-Kota Padang.

Baca Juga:  Ditanya Marah. Pengemis Wanita di Kota Padang Ini Eksploitasi Balita

Sementara itu, Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy menjelaskan, wifi gratis tersebut diberikan untuk warga Kota Padang agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan internet sehari-hari.

“Seperti kemarin saat belajar daring, siswa di sekitar kantor lurah dan camat menggunakan wifi ini dan setidaknya kita telah mengurangi beban orang tua dalam hal internet,” katanya.
Selain untuk sekolah, wifi gratis tersebut juga kerap digunakan untuk berjualan online bagi warga yang tinggal di sekitar kantor lurah dan kantor camat di Kota Padang.

Rudy berharap dengan kehadiran wifi gratis ini akan meningkatkan kemajuan usaha warga. Misalnya untuk mempromosikan produk-produk atau UMKM secara digital. Apalagi perubahan perilaku transaksi dagang akibat pandemi Covid-19 akan sangat relevan dengan pemanfaatan internet.

“Saat ini wifi gratis sudah terpasang di 104 kantor lurah, 11 kantor camat dan 43 kantor OPD ditambah 23 Puskesmas dan 21 masjid/mushala. Ke depan kami berusaha menambah spotnya, sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa menggunakannya,” lanjutnya. (eri)

Previous articleI M SCUDETTO
Next articleInnova Dihantam KA, 3 Orang Luka-luka