Pohon Tumbang Timpa Atap Rumah, Pemilik Luka Ringan

Petugas dari TRC BPBD Padang tengah mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa satu unit rumah di Perumahan Pratama Airdingin, Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah, kemarin. (IST)

Satu unit rumah warga di Perumahan Pratama Airdingin, Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Kototangah rusak ditimpa pohon tumbang, Rabu (2/9). Kejadian tersebut terjadi pada pukul 06.14.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, diketahui akibat pohon tumbang itu, selain merusak bagian atap rumah, material pohon juga mengakibatkan satu orang pemilik rumah mengalami luka ringan di bagian tubuh.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, pohon jenis kedondong tersebut persis menimpa bagian atap rumah yang mengakibatkan bagian atas rumah tersebut rusak parah.
“Pohon kedondong itu berukuran panjang 15 meter dengan diameternya 60 sentimeter,” ujarnya.

Selain menyebabkan kerusakan pada bagian atap rumah, pohon tumbang itu juga menimbulkan korban luka ringan yaitu pemilik rumah. Korban mengalami luka ringan di bagian tangan akibat terkena material pohon. “Lukanya tidak terlalu parah. Saat itu pemilik rumah sedang berada di dalam rumah. Luka korban telah diobati,” tukasnya.

Lebih lanjut Sutan menyampaikan, saat ini material pohon tumbang telah dibersihkan dari atap rumah warga. Proses pembersihan dan evakuasi sendiri berlangsung sekitar 3 jam.
“Posisi pohon yang tumbang persis di tengah-tengah atap rumah sehingga petugas harus berhati-hati melakukan evakuasi untuk mencegah kerusakan yang lebih parah,” tukasnya.
Ia mengungkapkan, pohon itu tumbang akibat pelapukan yang terjadi di pangkal pohon sehingga tidak sanggup menahan beban. (a)