PRT Curi Perhiasan Majikan

6
TERCIDUK: Pelaku pencurian perhiasan saat ditangkap Tim Satreskrim Polresta Padang.(IST)

Seorang pembantu rumah tangga berinisial E, 39, nekat menguras isi lemari sang majikan. Akibat perbuatannya, E harus berurusan dengan polisi.

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan, aksi pencurian dilakukan tersangka E sebanyak dua kali di rumah majikan di Jalan Linggar Jati, Kelurahan Parupuktabing, Kecamatan Kototangah, Kota Padang.

“Tersangka pembantu rumah tangga korban, tidak puas dengan gaji yang diberikan sehingga mencuri dan menggadaikan perhiasan emas milik majikannya senilai puluhan juta,” ujar Rico, Kamis (2/12).

Aksi pencurian tersebut baru disadari korban saat akan memindahkan perhiasan ke dalam box deposit sebuah bank. “Korban baru menyadari lenyapnya sejumlah perhiasan berupa gelang, cincin dan kalung emas yang disimpannya di dalam lemari ketika akan menyetorkan perhiasan itu untuk disimpan ke bank,” ujarnya.

Setelah korban sadar perhiasannya hilang, korban yang curiga karena tidak ada orang lain selain dirinya dan keluarga yang bisa mengakses lemari penyimpanan tersebut, lalu melapor ke Satreskrim Polresta Padang, Rabu (1/12).

“Setelah laporan korban kami terima dan dilakukan oleh TKP, kami mendapatkan petunjuk bahwa dugaan pelaku mengarah kepada E sebagai pembantu rumah tangga di rumah tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bulan Menggambar Nasional, RAS Padang Gelar Jelajah Barat Sumatera

Tersangka kemudian diringkus saat berada di rumahnya di kawasan Kompleks Kuala Nyiur, Kecamatan Kototangah tanpa perlawanan.

“Saat dilakukan penangkapan, terduga pelaku mengakui perbuatannya. Kepada aparat, terduga pelaku mengatakan bahwa perhiasan tersebut telah digadaikannya lewat perantara salah seorang temannya berinisial A, yang bekerja di Pegadaian Cabang Siteba,” ucapnya.

Ketika dilakukan pengembangan, pegawai Pegadaian Cabang Padang berinisial A, polisi mendapatkan pengakuan bahwa emas yang digadaikan tersangka sesuai bentuk dan ciri-cirinya dengan perhiasan emas milik korban yang hilang.

Bersama terduga pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa dua lembar surat keterangan gadai emas beserta baju yang dikenakan terduga pelaku ketika melakukan aksinya.

“Saat ini, tersangka kita amankan di Mapolresta Padang untuk proses penyelidikan lebih lanjut, terduga pelaku terancam dijerat dengan Pasal 362 tentang pencurian dengan ancaman maksimal lima tahun penjara,” tutup Rico. (idr)