Pemulung Tua Bermata Biru Bahagia Dibantu Andre Rosiade

Setiap matahari mulai tampak, Asril (70) menghidupkan becak motornya yang juga sudah tua. Dia berkeliling Kota Padang dari rumahnya di Sawahan Dalam V Nomor 9, Kelurahan Sawahan Dalam, Padang Timur, Kota Padang. Dia memungut sampah-sampah yang dirasa masih bisa dijual di pengepul barang bekas.

Asril tak punya anak, dia hidup bersama istrinya Suwarni (65). Dengan memulung saja, pria asal Kototangah itu sering tak cukup untuk sekadar makan berdua saja. Beruntung dia punya tetangga-tetangga yang baik hati. Meski tak dimintai, mereka sering memberikan beras sampai pinjaman uang. Tapi tak mungkin Asril dah istrinya mengandalkan bantuan tetangga saja.

Asril yang punya keunikan pada bola matanya yang biru berharap dapat bantuan modal. Dia mengaku matanya normal, tapi dari keluarganya hanya dia yang bermata kebiruan. Modal dibutuhkannya agar bisa membeli barang-barang bekas milik warga, seperti kardus, besi dan plastik-plastik. Tapi sayang, dia belum bisa mendapatkannya. Untuk meminjam ke bank atau lembaga keuangan tentu susah pula, banyak aturan yang harus diikuti.

“Kalau ada modal sedikit, tentu bisa saya dapat tambahan pemasukan. Kalau cuma ‘maraok’ saja, tak banyak didapat. Rp5.000 sehari saja sudah untung. Kadang tak bisa dijual karena timbangannya masih sedikit,” kata Asril saat didatangi pengurus DPD Partai Gerindra Sumbar, kemarin.

Asril direkomendasikan Dalyon Nur, Ketua RW 06 Sawahan Dalam mendapatkan bantuan dari anggota DPR RI yang juga ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade. Pasalnya, pasangan suami istri itu memang layak dibantu, karena masih berjuang mendapatkan kehidupan di masa tua mereka.

Baca Juga:  Kemarau, Waspadai Kebakaran

“Saya sering lihat pak Andre Rosiade membantu warga, sering sekali. Saya coba masukkan permohonan kepada DPD Partai Gerindra Sumbar. Ternyata direspons dan tim pak Andre Rosiade datang ke lokasi memberikan sembako dan uang tunai,” kata pedagang di Pasar Raya ini.

Asril mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade yang membantunya. Dia mendoakan Andre dan Partai Gerindra terus sukses dalam melangkah di Sumbar dan Indonesia. “Alhamdulillah, terima kasih pak Andre. Bisa untuk kami jadikan modal membeli barang-barang bekas di rumah-rumah warga,” katanya usai menerima bantuan yang diserahkan wakil ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Rina Shintya (wakil sektetaris) dan Zulkifli (wakil bendahara).

Nurhaida yang juga Sekretaris PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar mengatakan, bantuan dari Andre Rosiade terus mengalir tanpa mengenal partai dan juga golongan tertentu. “Ketua kami membantu semuanya. Tak harus kader Gerindra atau koleganya. Yang rasanya layak dibantu kami bantu,” katanya.

Andre Rosiade mengaku salut dengan perjuangan Asril, sang pemulung tua. Karena tidak mau meminta-minta dan terus bekerja sesuai kemampuannya. “Semoga pak Asril sehat selalu dan bisa mencari nafkah untuk istri. Kami kirimkan sembako dan uang modal agar usaha tetap lancar,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (*)