Minimalisir Banjir, Pemko Tambah 1 Unit Ekskavator Long Arm

2
UJICOBA: Wali Kota Padang Hendri Septa saat ujicoba ekskavator long arm melakukan pengerukan sedimen di sebuah selokan di kawasan Katanahan Batas Kota RT 04 RW 09, Kelurahan Batipuh Panjang, Rabu (2/3).(IST)

Sebagai upaya meminimalisir terjadinya banjir di Kota Padang disertai untuk keperluan konstruksi lainnya, Pemko Padang melalui Dinas PUPR melakukan pengadaan 1 unit ekskavator long arm.

Dengan demikian, ekskavator yang dimiliki Pemko Padang bertambah menjadi 4 unit dengan 3 ekskavator sebelumnya yang sudah dimiliki oleh Pemko Padang.

Alat berat merk Komatsu PC 210-10MO Long Arm itu pun langsung diujicobakan Wali Kota Padang Hendri Septa dengan melakukan pengerukan sedimen di sebuah selokan yang berada di kawasan Katanahan Batas Kota RT 04 RW 09, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Kototangah, Rabu (2/3).

Wali Kota Hendri Septa bersyukur ekskavator long arm yang selama ini didambakan akhirnya dapat dimiliki. Sebagaimana diketahui, alat berat ini memiliki kekuatan yang sangat bagus dan biasanya digunakan untuk proses pekerjaan penggalian tanah dan pekerjaan pengerukan sungai yang tidak mampu dilakukan dengan ekskavator sebelumnya.

Kehadiran ekskavator long arm ini sangat penting, terutama untuk membersihkan sedimen-sedimen yang ada di sungai-sungai di Kota Padang yang ditengarai menjadi penyebab banjir selama ini.

Baca Juga:  Teddy Antonius Jabat Kepala Disdukcapil, Wako: Pejabat Mesti Superior

“Dengan jangkauan yang lebih panjang, ekskavator ini mampu mengangkat sedimen yang berada di tengah-tengah sungai. Di Kota Padang terdapat 5 sungai besar dan 15 sungai kecil,” ucap Wako disambut antusias warga yang hadir.

Bagaimana untuk pengaturan sistem kerja dan penggunaannya ke depan, sepenuhnya diserahkan kepada Dinas PUPR. Dalam kesempatan itu juga hadir mendampingi Wali Kota Padang Kepala Dinas PUPR Tri Hadiyanto, Kepala BKPSDM Arfian, Kepala Dinas Sosial Ances Kurniawan, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis, Camat Kototangah Junie Nursyamza dan lurah setempat.

Juga hadir Kepala Cabang PT United Tractors Padang Rimba Kusumadilaga dan jajaran yang melakukan penyerahan kunci ekskavator secara simbolis kepada Wali Kota Hendri Septa. (eri)