Hari Terakhir Beroperasi, Kepala BPTD Sumbar Cek Kelaikan Bus NPM

36

Moda transportasi darat, laut dan udara dilarang beroperasi pada tanggal 6-17 Mei 2021. Pun halnya dengan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi dengan tujuan pulang ke kampung halaman. Hal itu untuk mengantisipasi dan mengendalikan pemudik hari raya Idul Fitri 1442 H.

PT NPM Sumbar memastikan ikut aturan yang dikeluarkan pemerintah seperti termaktub dalam SE Satgas Covid-19 No 13/2021 dan Permenhub RI No 13/2021. “Kita mengandangkan sekitar 60 unit bus selama peniadaan mudik. Hari ini hanya berangkat 4 unit bus ke Jakarta dan Medan, selanjutnya dikandangkan di pool tujuan. Bus dari Jakarta dan Bandung pun yang berangkat hari ini hanya ada 7 unit bus. Besok kita stop menjual tiket,” ujar Angga dari PT NPM Sumbar di Pool NPM Jalan Juanda Padang, Selasa (4/5/2021).

Dua hari jelang pelarangan mudik itu, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar bersama Dishub Sumbar, Ditlantas Polda Sumbar dan Jasa Raharja, melakukan inspeksi keselamatan (Ramp Check) kelaikan moda transportasi di Pool NPM, Padang.

“Pengecekan rutin terhadap moda transportasi ini rutin dilakukan setiap hari oleh teknisi dari perusahaan otobus (PO). Kita hari ini ingin memastikan semuanya telah dilakukan dengan semestinya. Jadi kita lakukan ramp check terhadap bus NPM yang berangkat hari ini tujuan Jakarta, dan Medan,” ujar Kepala BPTD Sumbar Deny Kusdyana.

Baca Juga:  Warga Kota Padang Diimbau Shalat Ied di Rumah, Objek Wisata Ditutup

Terlihat PPNS dari BPTD Sumbar mengecek dokumen item kelaikan bus yang terdapat pada Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) bus NPM BA 7048 NU tersebut. Selain terdapat spesifikasi standar bus, juga ada hasil tes uji kendaraan seperti rem utama, komponen lampu utama, emisi. Terlihat data SRUT pada bus NPM BA 7048 NU lulus uji berkala dan berlaku hingga 10 Agustus 2021.

“Ya kita melakukan ramp check. Pemeriksaannya secara global, termasuk dokumen laik kendaraan. Kita juga ingin memastikan bahwa pool moda angkutan umum tidak lagi melayani penjualan tiket jelang peniadaan mudik. Alhamdulillah PO yang berada di Sumbar mendukung dan mematuhi PM 13/2021,” jelas Deny Kusdyana, didampingi Kacab Jasa Raharja Agung Tri G, dan owner NPM Angga yang sengaja datang pagi itu dari Kota Padangpanjang ke Pool NPM di Padang. (hsn)

Previous articleTelah Berdiri 90 Pertashop di Sumbar, Stok BBM & Elpiji Lebaran Aman
Next articlePuluhan Pengunjung dan Pekerja Bandara Terjaring Razia Prokes