Kepala Dinas Perdagangan Padang dan 11 Tenaga Kontrak Periksa Swab

Media juga berperan bersama pemerintah dan masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal beserta 11 tenaga kontraknya diambil swab tenggorokan dan hidung di Puskesmas Andalas, Kota Padang, Selasa (5/5/2020).

Pengambilan swab tersebut dilakukan lantaran salah satu pegawai di dinas yang dipimpin Endrizal itu, pernah berkontak dengan pedagang yang dinyatakan positif Covid-19 beberapa hari lalu.

Sejumlah tenaga medis yang menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap terlihat memeriksa tenaga kontrak di Dinas Perdagangan yang datang untuk diswab.

Endrizal mengatakan, swab diambil karena salah satu pegawai di dinasnya pernah berkontak dengan salah seorang pedagang yang dinyatakan positif Covid-19, saat pengecekan suhu di Pasar Raya beberapa hari lalu.

“Jadi saya beserta 11 petugas Dinas Perdagangan melakukan pemeriksaan swab. Karena para petugas tersebut sempat takut ketika diperiksa, maka saya berinisiatif menjadi yang pertama dilakukan pengambilan swab,” jelasnya.

Endrizal mengungkapkan, sebenarnya ada 1.100 pedagang yang akan dilakukan pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan setelah ditemukan puluhan kasus positif Covid-19 di dua pasar di Kota Padang, yaitu Pasar Raya Padang dan Bandabuek.

Namun mayoritas pedagang takut diambil swab mulut dan tenggorokan lantaran kebanyakan mereka berpikir mulut dan tenggorokan mereka akan dimasukkan besi dan sakit.

“Jadi kami ingin memberikan bukti kepada para pedagang tersebut bahwa pemeriksaan swab tersebut tidaklah menakutkan seperti yang mereka bayangkan,” ungkapnya.(esg)