Raih Shiddakarya, RSKM Padang Eye Center Bidik Paramakarya

14

Tanggal 21 Desember 2020 adalah hari yang sangat membanggakan bagi Rumah Sakit Khusus Mata (RSKM) Padang Eye Center. Di hari itu perusahaan yang didirikan sejak tahun 2008 silam, mendapatkan kado istimewa berupa piagam penganugerahan Shiddakarya.

Siddhakarya merupakan penganugerahan produktivitas tertinggi di tingkat provinsi yang diberikan oleh Gubernur setiap tahun genap dalam rangka mendorong perusahaan kecil, menengah, maupun besar untuk meningkatkan produktivitasnya.

Dalam hal ini, penerimaan penganugerahan
kualitas dan produktifitas 2020 yang diberikan kepada RSKM Padang Eye Center dalam bentuk kualifikasi perusahaan berkinerja baik (good performance).

Direktur RSKM Padang Eye Center, dr Rahmi Puspita Genie MARS mengatakan ada dua kategori perusahaan kecil dan menengah yang diberikan penganugerahan Siddhakarya waktu itu. Dalam kategori perusahaan menengah yang mendapatkan penganugerahan tersebut hanya RSKM Padang Eye Center dan RS BMC Padang.


“Penganugerahan Siddhakarya diberikan oleh Gubernur Sumbar, dengan secara resmi penyerahannya oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar,” kata dr Rahmi.

Ia menjelaskan bahwa setiap tahun genap ada penganugerahan Siddhakarya yang diberikan kepada pelaku usaha. Pada tahun 2020 itu salah satunya tentang perusahaan jasa.

“Biasanya perusahaan jasa tidak pernah ikut, tapi tahun 2020 itu jasa dimasukkan dalam kategorinya dan pertama kali lah rumah sakit dapat ikut untuk mendapat penganugerahan Siddhakarya tersebut,” akunya.

Di samping itu dr Rahmi menyampaikan dalam penilaian bentuknya bermacam-macam, yang pastinya juga melihat dari Sumber daya manusia (SDM), bagaimana pengelolaannya dengan baik agar pekerja bisa nyaman bekerja dan menghasilkan produktifitas.

“Penilaiannya juga dilihat dari management perusahaan. Bagaimana bisa meng-cover semua kebutuhan tenaga kerja, menciptakan pelayanan yang baik dan juga dapat menghasilkan produk,” tuturnya.

Jadi semua kategori-kategori yang dinilai dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, RSKM Padang Eye Center mendapatkan nilai yang sangat memuaskan dan juga kualifikasi perusahaan berkinerja baik atau performance.

“Sebetulnya ini penganugerahan yang sangat berharga sekali, karena kita satu-satunya juga rumah sakit yang mendapatkannya. Jadi suatu kebanggaan juga bagi kita dan sekaligus juga bisa mewakili rumah sakit untuk mendapatkan
penganugerahan Siddhakarya itu,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bantah Dugaan Korupsi Dana Pokir, Ilham Maulana Beri Klarifikasi

RSKM Padang Eye Center akan terus meningkatkan produktivitas. “Jadi bagaimana kita mempertahankannya saat ini, itu lah kiat-kiat yang ingin kita capai ke depannya lebih baik lagi. Mudah-mudahan setiap dua tahun sekali kita mendapatkan penganugerahan Siddhakarya,” harapnya.

Sementara itu, setelah mendapatkan penganugerahan Siddhakarya, RSKM Padang Eye Center di tahun 2021 dapat meningkatkan kinerja (performa) agar bisa berkompetisi di tingkat nasional untuk meraih penghargaan produktivitas Paramakarya.

Paramakarya sendiri adalah penghargaan produktivitas di tingkat nasional yang diberikan oleh Presiden RI setiap dua tahun sekali di tahun ganjil.

“Untuk tahun 2021 ini karena di tingkat provinsi kita sudah menang, maka dinobatkan lagi untuk dominasi tingkat nasional untuk bisa mendapatkan penganugerahan Paramakarya atau penghargaan produktivitas tingkat nasional,” kata dia.

Menurutnya dalam keikutsertaan RSKM Padang Eye Center menuju ke tingkat nasional itu, sudah ada kunjungannya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam meninjau prospek penilaian.

“Nah, dalam beberapa waktu lalu dewan juri sudah datang berkunjung kesini dari pusat (Kemenaker RI, red). Itu kita masuk dalam kategori yang lulus verifikasi,” imbuh dr Rahmi.

Ia menyampaikan ada banyak perusahaan se Indonesia yang diwakili oleh masing-masing provinsi untuk dinilai Kemenaker RI. Dalam hal ini RSKM Padang Eye Center lulus dalam sistem kualifikasi tersebut.

“Untuk lulus dalam kualifikasi itu dari Sumbar hanya dua perusahaan yakni RSKM Padang Eye Center dan Blasta Hidroponik. Seandainya ini lulus, kita akan masuk 20 besar, jika lulus juga kita akan diundang lagi ke Istana Negara diberikan penganugerahan Paramakarya langsung oleh Presiden RI,” bebernya.

Untuk itu, dr Rahmi mengharapkan sekali
dukungan dari seluruh warga masyarakat Sumbar agar RSKM Padang Eye Center bisa mewakilinya untuk datang ke Istana Negara.

“Dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar pun menitipkan pesan sama kita agar bisa mewakili dari Sumbar. InsyaAllah kami pun berusaha dengan keras, bagaimana penghargaan ini bisa kita capai. Karena kita tidak mengharumkan nama RSKM Padang Eye Center saja, tapi juga Sumbar,” pungkasnya. (adv/ran)