Komentari Prokes di Salah Satu Restoran, Emak-emak Viral Wajib Lapor

15
DIPERIKSA: Terduga pelaku pembuat video viral saat menjalani pemeriksaan di Mapolda Sumbar, Minggu (4/7).(IST)

Ditrektorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar memeriksa seorang emak-emak viral lantaran mengomentari protokol kesehatan di salah satu restoran di Padang.

Pemeriksaan dimulai pukul 23.00, Minggu (4/7) hingga pukul 04.00, Senin (5/7). Saat ini, yang bersangkutan masih berstatus terperiksa. Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu membenarkan pembuat video tersebut telah diamankan Polda Sumbar pada Minggu malam (4/7).

Satake menyebutkan perempuan tersebut berinisial Y, 54 yang merupakan warga Petamburan Jakarta. Ia diamankan polisi di Kota Padang. “Ya, sudah diamankan, saat ini masih dalam proses pemeriksaan oleh petugas Ditreskrimsus Polda Sumbar,” kata Kombes Pol Satake Bayu.

Sateke menjelaskan pembuat video tersebut diperiksa selama lima jam oleh petugas Ditreskrimsus Polda. Pelaku penyebaran berita video tersebut diduga bermuatan informasi yang ditunjukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).


Sementara, Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Sumbar, Kompol Arie Sulistyo Nugroho menerangkan, terduga Y membagikan dan membuat postingan di grup Whatsapp “Sikumbang” yang diunggah pada hari Jumat (2/7) pukul 15.00 lalu.

Baca Juga:  Tinggal di Kedai Reot, Andre Rosiade Bantu Ibu Empat Anak

“Dari terduga pelaku kita amankan barang bukti satu unit HP merk Vivo 1918 warna biru dongker, satu sim card dan sebuah memory card 64GB warna hitam,” ujar Kompol Arie.

Ia menyebut, pelaku saat ini tidak dilakukan penahanan. Namun terduga diwajibkan untuk lapor ke Subdit V Ditreskrimsus Polda Sumbar setiap hari Senin dan Kamis untuk proses hukum masih berjalan.

Terpisah, Wali Kota Padang Hendri Septa menyebutkan pihak terkait harus memberikan tindakan tegas supaya tidak meniru tindakan yang serupa. (rid)