Guru MTsS Luki Dilatih Membuat Media Pembelajaran Melalui Office 365

30
PENGABDIAN: Tim Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Sumatera Barat saat pengabdian kepada masyarakat di MTsN Luki.(IST)

Tim dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas PGRI Sumbar memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran melalui Office 365 untuk materi speaking yang berbasis pada kesantunan bahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris pada guru MTsS Lubukkilangan (Luki), yang merupakan binaan PT Semen Padang.

Pelatihan ini sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. Adapun tim pelaksana kegiatan pengabdian ini diketuai Melati Theresia SS, MHum, sebagai pemateri diberikan oleh Yola Merina SS, MHum. Pengabdian ini juga diikuti oleh mahasiswa Iqbal.

Yola Merina mengatakan tim pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa untuk memperluas jaringan mahasiswa serta mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku perkuliahan.

“Kegiatan ini terlaksana berkat adanya kerja sama antara Universitas PGRI Sumbar dengan MTsS Lubukkilangan. Kerja sama yang terjalin ini, dimanfaatkan melalui pelaksanaan pengabdian masyarakat,” ujarnya.

Tujuan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan guru bahasa Inggris dalam membuat media pembelajaran berbasis kesantunan bahasa dalam pengajaran bahasa Inggris, khususnya skill berbicara.

Baca Juga:  DBL Hadir Lagi! Polresta Ingatkan Tetap Patuhi Prokes

“Ketika keterampilan guru bahasa Inggris di MTsS Luki meningkat maka kemampuan berbicara (speaking) siswa juga akan meningkat, dan makin termotivasi untuk berlatih dan memiliki eagerness yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung lebih kurang 2 jam pelajaran ini sangat menarik perhatian guru-guru. Dalam pemberian materi, guru-guru bahasa Inggris MTsS Lubukkilangan yang sebagai besar masih muda, terlihat antusias dan aktif.

Guru-guru aktif bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan tim pengabdian ini. “Materi yang diberikan selama pelatihan ini disesuaikan dengan kebutuhan guru di MTsS Luki,” ujarnya. (*)