Jumat, Trans Padang Koridor V Diluncurkan! Ini Rutenya

531
Ilustrasi.(DEWI/PADEK)

Trans Padang koridor V rute Pusat Kota-Indarung akan diluncurkan Jumat (8/7). Akan ada 50 hingga 60 halte bus yang akan membantu masyarakat mendapatkan kemudahan dalam aksesbilitas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Yudi Indra Syani kepada Padang Ekspres mengatakan, Trans Padang koridor V yang sempat direncanakan akan diluncurkan pada Februari lalu, baru dapat dilaksanakan bulan ini lantaran disebabkan beberapa hal.

“Bulan Februari lalu rencananya akan kita luncurkan koridor V dan VI ini. Tapi yang baru bisa dilaksanakan bulan ini adalah koridor V, sementara koridor VI masih menunggu kesepakatan,” katanya.

Nantinya, koridor V ini akan ada 50 hingga 60 halte yang berbeda dengan empat koridor Trans Padang sebelumnya. Halte ini tidak tinggi cukup dengan rambu halte saja.

Hal ini disebabkan karena bentuk bus yang lebih kecil dari biasanya, sehingga tidak membutuhkan halte yang terlalu besar atau tinggi menyesuaikan dengan lebar jalan.

“Sekarang busnya low deck atau rendah sehingga tidak membutuhkan halte yang tinggi atau tangga, sama seperti sebelumnya. Pintunya lebih rendah sehingga bisa dinaiki dari jalan, tidak perlu menggunakan tangga atau halte tinggi,” jelasnya.

Baca Juga:  Penjual Sayur Keliling Dapat Tambahan Modal dari Andre Rosiade

Selanjutnya, fasilitas yang ada pada bus tersebut juga sama dengan fasilitas sebelumnya yakni juga disediakan spasi untuk masyarakat yang disabilitas.

“Tujuannya agar masyarakat disabilitas dapat terbantu dan kita sediakan fasilitasnya sama dengan yang sebelumnya. Sehingga tak ada perbedaan dengan bus koridor 1-4 kecuali pada jenis bus yang lebih pendek,” katanya.

Ke depannya, ia berharap bus Trans Padang koridor V ini dapat segera beroperasi tanpa ada hambatan. Bagitu pula dengan Trans Padang koridor VI jurusan Pusat Kota-Andalas. (cr5)