Masih Sekolah Sudah Berani Malak!! 2 Pemalak Pantai Padang Diringkus!

33
TAK BERKUTIK: Kedua pelaku pemalakan saat diamankan Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang.(IST)

Dua orang pemuda yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap pengunjung dengan mengatasnamakan uang ronda di kawasan objek wisata Pantai Padang diamankan Satreskrim Polresta Padang.

Kedua pemuda tersebut diketahui berinisial KS, 20, dan DCD, pelajar yang masih berusia 17 tahun. Warga Purus itu diamankan Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang Minggu malam (5/6) sekitar pukul 23.00 di kawasan Purus III, Kota Padang.

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Dedi Adriansyah Putra, Senin (6/6) menjelaskan, pelaku diamankan sebagai respons dan tindak lanjut atas dugaan pemerasan yang dialami pengunjung Pantai Padang pada Sabtu malam (4/6).

“Usai diamankan, keduanya langsung dibawa ke Mapolresta Padang untuk menjalani pemeriksaan dan proses lebih lanjut,” ujar Dedy.

Dari pemeriksaan sementara, lanjut Dedy, terungkap bahwa modus yang digunakan kedua pelaku adalah mencari pengunjung yang datang berpasangan ke kawasan objek wisata Pantai Padang.

“Setelah menemukan calon korban, pelaku lalu mendatangi dan menuduh mereka telah berbuat mesum. Setelah itu korban dimintai sejumlah uang,” ungkap Dedy.

Pelaku KS diketahui telah beraksi lebih dari satu kali. Pada April 2022 lalu, KS juga telah melakukan hal yang sama bersama temannya berinisial A juga di kawasan Pantai Padang.

Baca Juga:  Pemko Daftarkan Panitia Rakernas Apeksi Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Saat itu pelaku KA dan A merampas HP milik korban hingga korban mengalami kerugian sekitar Rp 2,8 juta. Khusus untuk pelaku A telah ditangkap lebih dulu oleh jajaran Polsek Padang Barat.

Lebih lanjut ia menyebut, saat ini pihaknya masih memeriksa kedua pelaku. “Kami masih terus mendalami serta mengembangkan kasus ini untuk mencari apakah ada korban lain,” sebut Dedy.

Salah seorang pelaku berinisial KS, 20, saat diinterogasi mengaku uang pungli tersebut tidak digunakan untuk ronda namun untuk kepentingan pribadi. “Saya mengaku bersalah. Menyesal. Tidak akan mengulangi perbuatan yang sama lagi,” ungkap KS.

Sebelumnya, aksi pungli kembali terjadi di kawasan objek wisata Pantai Padang. Kali ini pungli mengatasnamakan uang ronda dan menjadi viral di media sosial.

Dalam video viral tersebut tampak dua orang pemuda berusaha memungut iuran ilegal dari sepasang pengunjung di Pantai Padang. Dua orang pelaku tersebut memaksa pengunjung untuk membayar Rp 50.000. (idr)