Panitia Sediakan 5 Jalur Pendaftaran, SIMA Unand 2022 Dibuka

801
KONFERENSI PERS: Wakil Rektor I Unand, Prof Mansyurdin memaparkan pembukaan SIMA Unand di Ruang Sidang Senat Rektorat Kampus Unand, Senin (6/6).(IST)

Universitas Andalas (Unand) membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru lewat jalur mandiri Seleksi Masuk (SIMA) Unand. Dalam hal ini panitia menyediakan lima jalur masuk yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa yang mendaftar.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor (WR) I Unand, Prof. Mansyurdin saat konferensi pers di Ruang Sidang Senat Rektorat Kampus Unand, Senin (6/6). “Untuk tahun ini kita sudah tidak ada lagi istilah seleksi mandiri seperti tahun sebelumnya. Mulai tahun 2022 ini pembukaan pendaftaran mahasiswa disebut SIMA Unand,” ujarnya.

Ia menyampaikan, penerimaan pendaftaran jalur SNMPTN sebanyak 20 persen, jalur SBMPTN sebanyak 40 persen, dan melalui jalur SIMA Unand sebanyak 40 persen, dengan daya tampung Unand tahun ini sebanyak 7.070.

Sementara itu, terdapat 5 kategori SIMA Unand yang bisa dipilih oleh pendaftar tahun ini diantaranya jalur akademik, jalur prestasi, jalur kerja sama dengan pemerintah atau perusahaan, jalur disabilitas, dan internasional. seperti prestasi hafiz Quran, juara perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional.

“Selain itu sekarang juga ada prestasi sebagai ketua OSIS, calon pemimpin berpengalaman yang kita siapkan jadi tidak hanya mengandalkan akademik, fakultas dan prodi akan menilai apakah dia layak atau tidak di prodi itu,” terangnya.

Mansyurdin mengatakan hingga kemarin, belum ada satu pun peserta yang mendaftar melalui jalur disabilitas. Selain itu Unand juga membuka jalur bagi siswa yang kurang mampu melalui biaya pendidikan yang ditanggung pemerintah daerah.

Sebagai PTN BH, ia menuturkan Unand harus menampung mahasiswa kurang mampu 20 persen. “Jadi ada lima jalur masuk sekarang, saya kira sekarang memang agak komplit dibanding sebelumnya,” sebutnya.

Untuk pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur SIMA Unand ini telah dibuka sejak tanggal 12 Mei 2022 untuk jalur prestasi, kerja sama dan difabel. Sedangkan untuk hasil dari SIMA Mandiri Unand, pengumumannya akan digelar pada tanggal 24 Juni 2022 secara online serentak. “Masing-masing kategori jalur Mandiri SIMA Unand memiliki persyaratan yang berbeda,” ungkapnya.

Pertama, SIMA Akademik, yaitu penjaringan terhadap calon mahasiswa pendaftar yang mempunyai prestasi dan kemampuan akademik yang baik. Di antaranya SIMA Akademik dengan nilai UTBK. Untuk jadwal pendaftaran mulai tanggal 28 Juni 2022–13 Juli 2022, pengumuman pada tanggal 17 Juli 2022, dan daftar ulang mulai tanggal 25-30 Juli 2022.

Baca Juga:  Pemko Daftarkan Panitia Rakernas Apeksi Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian SIMA Akademik dengan ujian, untuk jadwal pendaftaran mulai 6 Juni-25 Juni 2022, ujian pada tanggal 27–28 Juni 2022, Pengumuman hasil pada tanggal 6 Juli 2022, dan daftar ulang mulai 8–15 Juli 2022.

“Kedua, SIMA Prestasi, yaitu penjaringan terhadap pendaftar melalui penelusuran prestasi dalam bidang bakat, minat atau penalaran dengan tetap memperhatikan kemampuan akademik dalam menjalani pendidikan di prodi terkait,” tuturnya.

Dimana jadwal pendaftaran mulai 12 Mei–7 Juni 2022. Pengumuman verifikasi peserta jalur hafiz dan kepemimpinan (OSIS/MPK) pada tanggal 11 Juni 2022. Uji hafalan untuk hafiz (online) mulai 13–15 Juni 2022.

Wawancara untuk jalur kepemimpinan (Ketua Osis/MPK) mulai 16–17 Juni 2022. Pengumuman hasil pada tanggal 24 Juni 2022. Daftar ulang mulai 27 Juni–4 Juli 2022.

“Ketiga, SIMA Kerja Sama, yaitu penjaringan pada pendaftar dengan kemampuan akademik tinggi namun latar belakang ekonomi kurang, atau dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) yang pembiayaannya disponsori oleh pemerintah kab/kota atau instansi pemerintah/nonpemerintah,” katanya.

Dimana jadwal pendaftaran pada tanggal 12 Mei–7 Juni 2022. Seleksi mulai 8–22 Juni 2022, Pengumuman hasil pada tanggal 24 Juni 2022. dan daftar ulang pada tanggal 4–16 Juli 2022.

“Keempat, SIMA Disabilitas yaitu penjaringan terhadap calon pendaftar yang mempunyai kondisi disabilitas atau keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan fungsi gerak akibat kecelakaan atau bawaan lahir namun kemampuan akademiknya baik,” terangnya.

Jadwal pendaftaran mulai tanggal 12 Mei-7 Juni 2022, kemudian seleksi (wawancara) pada tanggal 20 Juni 2022. Pengumuman hasil pada tanggal 24 Juni 2022, dan daftar ulang mulai 4–16 Juli 2022.

“Terakhir SIMA Internasional yaitu penjaringan pada calon peserta dengan kewarganegaraan selain WNI melalui jalur kerja sama dengan kedutaan negara asing atau mendaftar secara mandiri,” ucapnya.

Terkait siswa yang berprestasi pihak kampus akan memeriksa segala bentuk dokumen dan juga hasil prestasi yang diraih. “Jadi nanti semua dokumen dan juga syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar sudah bisa dilihat di web kita,” terangnya. (cr4)