Bangunan Berlantai 3 Terbakar

9
LUDES TERBAKAR: Petugas Dinas Damkar Kota Padang melakukan pemadaman di bangunan berlantai 3 yang hangus terbakar, Selasa (6/7).(Adetio/padek)

Satu unit rumah permanen sekaligus gudang berlantai 3 di Jalan M. Hatta Rawang Ketaping, Kelurahan Ambacang, Kecamatan Kuranji, hangus dilahap si jago merah, kemarin (6/7). Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka.

Pantauan Padang Ekspres di lokasi, api membakar hangus seluruh bagian rumah mulai dari lantai satu sampai tiga. Selain itu, 2 warung sate dan gorengan yang berada di depan bangunan ikut terkena imbas api.

Selain itu terlihat sejumlah peralatan dan barang-barang yang terbuat dari besi yang berada di dalam gudang juga tidak luput dari kobaran api. Beruntung petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang datang ke lokasi dan mencegah api menyebar ke bangunan lainnya.

Dalam proses pemadaman, akses lalu lintas dari arah Pauh menuju Andalas terpaksa ditutup sementara selama sekitar 1 jam lebih karena bangunan yang terbakar berada persis di depan jalan utama tersebut.


Salah satu warga sekitar, Niko, 33, mengatakan, api membakar seluruh bagian rumah dengan begitu cepat. Akibat kebakaran itu, arus listrik juga ikut padam. Ia menyebutkan, rumah yang terbakar tersebut juga terdapat gudang di dalamnya.

“Saya lihat api sudah besar dari bagian atas rumah. Bahkan dua kedai yang ada di depan rumah juga ikut terbakar. Namun pada saat kebakaran, dirinya tidak mendengar bunyi ledakan,” jelasnya.

Terpisah, Kabid Operasional Dinas Damkar Kota Padang, Basril mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran sekitar pukul 15.20. Setelah mendapatkan laporan, armada Damkar langsung diterjunkan ke lokasi.

Baca Juga:  Jalan Nipah-Teluk Bayur Dilanjutkan

Ia menambahkan, objek yang terbakar yakni satu unit rumah permanen yang berlantai tiga dimana di belakang rumah tersebut ada gudang atau bengkel besi. Kemudian, ada 2 kedai yakni kedai sate dan gorengan di depan rumah yang ikut terkena imbas.

“Jadi pada saat api membesar, informasinya penghuni rumah ada dan berhasil menyelamatkan diri, karena api langsung besar jadi tidak ada barang yang berhasil diselamatkan,” kata Basril.

Diketahui pemilik rumah yang terbakar atas nama Netti, 45, ibu rumah tangga (IRT). Lokasi kebakaran berada di Jalan M. Hatta No. 80 RT 1 RW 7 Kelurahan Ambacang, Kecamatan Kuranji.

Dalam proses pemadaman, Basril menuturkan, pihaknya tidak menemukan kendala berarti, hanya saja lokasi rumah yang berada di area padat penduduk dan harus berpacu dengan waktu agar api tidak menyebar ke bangunan lainnya.

“Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa maupun luka. Untuk kronologi dan kerugian materil yang disebabkan oleh kebakaran, pihaknya menyerahkan kepada petugas kepolisian,” jelasnya.

Sementara, jumlah armada yang diturunkan dalam proses pemadaman sebanyak 9 unit mobil Damkar. Terakhir, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat beraktivitas di dalam rumah maupun saat meninggalkan rumah. (adt)