Antisipasi Perjokian, BKPSDM Pasang Alat Pengenal Wajah

6
ilustrasi penerimaan CPNS.(NET)

Untuk mengantisipasi terjadinya perjokian dalam pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K), BKPSDM Kota Padang memasang alat face recognition atau pengenal wajah.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi ASN BKPSDM Kota Padang, Romy Elpa Segas kepada Padang Ekspres, kemarin (6/9) mengatakan, pemasangan alat pengenal wajah akan dilakukan pada setiap pelaksanaan ujian SKD.

Alat pengenal wajah tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya perjokian atau kecurangan yang dilakukan oknum peserta selama pelaksanaan ujian SKD CASN dan P3K tahun 2021 ini.

“Alat itu dipasang di pintu masuk ruangan sehingga setiap peserta yang ingin masuk ruangan Computer Assisted Test (CAT) akan diperiksa di sana,” kata Romy.

Tidak hanya satu kali pemeriksaan wajah peserta di alat pengenal wajah, wajah peserta juga nantinya akan diawasi atau diperiksa di layar komputer selama proses ujian SKD berlangsung.

Mekanismenya adalah sebelum peserta memasuki ruangan CAT, terlebih dahulu wajah mereka dihadapkan dengan alat face recognition yang kemudian alat tersebut akan memeriksa setiap wajah peserta.

Baca Juga:  Wako Ajukan Nama Calon Sekko ke Gubernur

“Kalau tahun dulu hanya satu kali pemeriksaan maka tahun ini dilakukan dua kali pemeriksaan wajah. Langkah ini bentuk antisipasi terjadinya kecurangan yang dapat merugikan pelaksanaan ujian SKD,” jelasnya.

Romy mengungkapkan, pada pelaksanaan ujian SKD dan SKB tahun lalu memang tidak ditemukan kasus joki selama pelaksanaan ujian. Namun tentu pihaknya tetap melakukan antisipasi agar pelaksanaan ujian berjalan jujur dan aman.

Jika nantinya ditemukan joki atau peserta yang terbukti curang maka pihaknya akan menyerahkan hal tersebut kepada pihak kepolisian karena sudah masuk ranah hukum atau pidana.

“Selain diproses secara hukum, otomatis peserta yang curang akan langsung didiskualifikasi dari proses penerimaan CASN dan P3K tahun 2021 ini,” tegasnya.

Sementara itu, pelaksanaan ujian SKD di lingkungan Pemko Padang akan berlangsung dari tanggal 15 sampai 25 September 2021. Dilaksanakan di ruangan CAT BKPSDM Kota Padang. Pelaksanaan ujian SKD dilakukan dalam 4 sesi dalam satu hari untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. (adt)