Walikota Padang Mahyeldi: Bantuan Keltan, Pertanian makin Bergairah

58

Walikota Padang H. Mahyeldi menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani yang ada di Kota Padang.

Penyerahan bantuan yang terdiri dari hand traktor, hidroponik, benih hortikultura, bibit cengkeh, ternak itik dan badan hukum Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis (LKMA) tersebut dilakukan walikota di pelataran parkir Kantor Dinas Pertanian Padang, Senin (7/12/2020).

“Alhamdulillah pada hari ini Pemko Padang melalui Dinas Pertanian memberikan sejumlah bantuan bagi kelompok tani dan masyarakat di Padang. Bantuan ini bersumber dari APBD Padang, Kementerian Pertanian (Kementan), pokok pikiran (pokir) Anggota DPR, DPRD Padang serta APBD Sumbar. Maka itu atas nama Pemko Padang, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pemberian bantuan ini. Semoga bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” ungkap Mahyeldi usai penyerahan bantuan yang didahului dengan apel pagi bersama ASN Dinas Pertanian Padang tersebut.

Adanya bantuan tersebut Walikota Padang Mahyeldi berharap ke depan akan semakin memajukan dan menggairahkan sektor pertanian di Padang. Terlebih meningkatkan pendapatan petani.

“Karena memang, terkait investasi yang cukup bergairah di Padang khususnya di 2020 adalah berkaitan dengan masalah pangan. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya investasi pangan di Padang pada tahun ini. Untuk itu kita akan terus mendorong dan menggerakkan sekaligus memaksimalkan potensi-potensi pertanian,” ujar alumnus Fakultas Pertanian Unand ini.

Baca Juga:  Sapi Kurban di Penampungan Disterilkan

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Padang Syahrial menyebut rincian bantuan yang diserahkan itu. Di antaranya; 2 unit hand traktor dari Kementan melalui Ketua Garnita Sumbar, DR. Dian Anggraini. Lalu benih hortikultura terdiri dari 14 jenis benih tanaman hasil pokir Anggota DPR Hermanto yang diserahkan kepada 62 kelompok tani yang tersebar di 7 kecamatan.

“Kemudian juga bantuan hidroponik 24 unit pokir Anggota DPRD Padang Muhidi, bantuan ternak itik yakni 1.000 ekor itik beserta kandang dan pakan bersumber dari bantuan APBD Sumbar. Selain itu juga bantuan 3.000 bibit cengkeh bersumber dari APBD Padang serta penyerahan Bantuan Badan Hukum atau legalitas bagi 3 LKMA,” sebutnya.

Penyerahan bantuan juga dihadiri Anggota DPRI Hermanto, Ketua Garnita Sumbar, Anggota DPRD Padang Muhidi, Kepala Bappeda Padang Medi Iswandi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Padang Amrizal Rengganis serta lainnya. Juga hadir Dekan Fakultas Pertanian Unand Munzir Busniah. (*)