17.224 KPM Terima BST Kemensos

58
ilustrasi BST Kemensos. (IST)

Kantor Pos Padang telah menerima data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Padang yang akan menjadi penerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI tahun 2021.

“Data penerima BST untuk KPM di Kota Padang baru kami terima dari pusat sore ini (kemarin, red). Nah, Tim Satgas Penyaluran BST Kantor Pos Padang sedang memproses data itu,” kata Kepala Kantor Pos Padang, Sartono kepada Padang Ekspres, kemarin.

Dia mengatakan, jumlah warga Kota Padang yang akan menerima BST sebesar Rp 300 ribu per KPM per bulan selama empat bulan terhitung Januari hingga April 2021 itu, sebanyak 17.224 KPM.

“Jadi, untuk KPM di Kota Padang yang akan menerima BST dari Kemensos RI tahun 2021 ini sebanyak 17.224 KPM. Jumlah ini dibawah angka penerima BST tahun 2020, yang jumlahnya sebanyak 18.087 KPM,” imbuhnya.

Sartono menambahkan, pihaknya Jumat ini (8/1) akan mengirim surat kepada Pemko Padang dan Polresta Padang, untuk meminta bantuan pengamanan penyaluran BST dengan target penerima 10 juta KPM se-Indonesia dengan anggaran Rp 12 triliun tersebut.

Baca Juga:  Pencegahan Aksi Kekerasan Tanggung Jawab Bersama

“Insya Allah, rencana Sabtu (9/1) akan kita salurkan untuk kelurahan di Kecamatan Padang Barat. Selanjutnya, akan menyusul kelurahan di kecamatan lain. Untuk jadwal lengkapnya, nanti akan kami informasikan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menyebut, penyaluran BST ini akan dilakukan di Kantor Pos Padang, Kantor Pos Regional II Padang Khatib Sulaiman, Kantor Pos Cabang Indarung dan Kantor Pos Cabang Bungus.

Sementara petugas yang dikerahkan untuk penyaluran BST di empat kantor pos ini, sambungnya, sekitar 85 orang. Hal ini dilakukan untuk menghindari antrean yang stagnan.
“Dengan petugas sebanyak itu, antreannya bisa mengalir, kita usahakan masyarakat hanya menunggu sekitar lima menit sehingga tidak terjadi kerumunan,” sebut Sartono. (i)