JPS Provinsi Mulai Disalurkan

Wawako Hendri Septa menyerahkan bantuan secara simbolis kepada petugas kebersihan DLH Padang di Kantor DLH Padang, Rabu (6/5). (IST)

Bantuan Jejaring Pengaman Sosial (JPS) Provinsi untuk Kota Padang sudah mulai disalurkan kepada masyarakat penerima yang terdampak secara ekonomi akibat virus korona (Covid-19).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang Afriadi kepada Padang Ekspres, kemarin (7/5). Dia mengatakan, penyaluran bantuan JPS Provinsi untuk Kota Padang ditandai dengan launching di Kantor Pos Padang, Rabu (6/5). “Sudah disalurkan, launching-nya kemarin (Rabu, red) di Kantor Pos Padang. Bantuan yang disalurkan dua bulan sekaligus April dan Mei senilai Rp 1,2 juta,” katanya.

Dia menambahkan, bantuan JPS Provinsi disalurkan langsung melalui PT Pos Indonesia. Dari total 13.415 KK yang terdata sebagai penerima, sudah ada sebagian yang telah mendapat bantuan tersebut.

Sementara untuk bantuan JPS dari Pemko Padang sendiri, masih dalam proses di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang. “Data penerimanya sebanyak 72.588 KK dan itu telah kami serahkan. Saat ini sedang diproses oleh orang keuangan, kemungkinan dalam minggu ini selesai diproses dan akan mulai disalurkan minggu depan,” imbuhnya.

Afriadi menjelaskan bentuk bantuan JPS dari Pemko Padang berupa uang tunai Rp 600 ribu per KK untuk satu bulan, dengan total sebesar Rp 43 miliar. “Nanti kita lihat ketersediaan anggaran. Kalau memang hasil keputusan bersama akan ditambah bantuan untuk sebulan atau dua bulan lagi. Yang jelas untuk sebulan dulu. Mudah-mudahan Covid-19 ini segera berakhir,” tukas Afriadi.

300 Petugas Kebersihan Dapat Sembako
Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyerahkan bantuan sembako dari Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padang kepada petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang di Kantor DLH Padang, Rabu (6/5).

“Kita mengucapkan terima kasih kepada ACT Padang yang ikut menunjukkan kontribusinya untuk membantu sesama guna meringankan beban masyarakat terdampak korona di Padang,” ucap Hendri Septa didampingi Kepala DLH Padang Mairizon.

Diakui Hendri Septa, dukungan lembaga kemanusiaan sangat diharapkan. Lebih-lebih, kemampuan keuangan daerah jelas belum sepenuhnya mampu meng-cover seluruh warga terdampak virus korona. Makanya, kepedulian semua terhadap sesama sangat diharapkan.

“Kepada para petugas kebersihan penerima bantuan, kita harapkan senantiasa selalu bekerja secara optimal agar kota ini selalu bersih. Tentunya, tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, jaga jarak, pakai masker, hindari kontak pisik dan sering mencucu tangan,” ucap Hendri Septa.

Sebelumnya, Kepala Cabang ACT Padang Zeng Wellf menyebutkan, pihaknya memberikan bantuan 10 ton beras untuk warga Padang. Selain terhadap 300 petugas kebersihan, juga warga Kecamatan Padang Timur dan Padang Utara.

“Untuk teknis pembagian bantuan, kita sudah koordinasikan dengan pihak Camat Padang Timur dan Padang Utara, bagi warga yang berhak menerima bantuan yang diarahkan oleh lurah dengan disaksikan elemen terkait seperti RT/RW. Selain itu, ada juga bantuan yang kita antar langsung ke rumah masyarakat langsung,” katanya. (i)