7 Kecamatan Rawan Banjir dan Longsor

ilustrasi. (net)

Cuaca buruk diprediksi bakal terjadi sampai penghujung tahun. Untuk itu, masyarakat diimbau selalu waspada agar terhindari dari bencana. Terutama yang berdiam di kawasan rawan bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mencatat ada 7 kecamatan di Kota Padang yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor.

Kepala BPBD Kota Padang, Barlius kepada Padang Ekspres, Senin (7/9) mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca buruk berupa hujan dan angin kencang akan terjadi sampai akhir tahun 2020.

Cuaca buruk sendiri merata terjadi hampir di seluruh kecamatan di Kota Padang. Ia menyebutkan, terdapat 7 kecamatan di Kota Padang yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor jika hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi dengan waktu yang lama.

7 kecamatan yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor di antaranya Kototangah, Lubukbegalung (Lubeg), Kuranji, Padang Selatan, Nanggalo, dan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), dan Padang Utara.

Lebih lanjut Barlius menyampaikan, selama cuaca buruk melanda Kota Padang beberapa hari terakhir, menyebabkan banjir di Kota Padang diantaranya di Kecamatan Bungtekab.
“Selain banjir, juga ada peristiwa longsoran bongkahan batu besar yang jatuh dari atas bukit ke tengah jalan raya Padang-Painan kawasan Bukit Lampu,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sistem Manajemen Pengamanan, Tim Mabes Polri ke Semen Padang

Karena itu, masyarakat yang tinggal di kawasan yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor diimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan barang-barang berharga yang bisa diselamatkan ketika bencana datang.

Barlius menyebutkan, petugas BPBD Kota Padang akan melakukan siaga selama 24 jam jika nantinya ada laporan dari masyarakat terkait banjir dan tanah longsor di Kota Padang.
Terpisah, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Yudha Nugraha menjelaskan, kondisi cuaca di sebagian besar pesisir barat Sumbar termasuk kota Padang masih berpeluang tinggi terjadi hujan.

Hujan yang akan mengguyur tersebut memiliki intensitas sedang hingga tinggi. Hujan dengan intensitas tersebut diperkirakan terjadi untuk tiga hari ke depan. “Peluang hujan itu cenderung terjadi mulai dari sore hingga malam hari dan terjadi di sejumlah daerah lainnya seperti Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat (Pasbar), Agam, Pesisir Selatan (Pessel), Padangpariaman dan Kota Padang,” jelasnya. (a)