Vaksinasi Polsek Padang Selatan: Mudahkan Warga, Gelar Vaksin di Rumah RW

5
DEKATKAN PELAYANAN: Suasana vaksinasi di rumah Ketua RW 12 Kelurahan Mataair, Zakiruddin, Sabtu (4/12).

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Polsek Padang Selatan minggu lalu tampak berbeda
dari sebelumnya. Jika biasanya kegiatan vaksin dilaksanakan di fasilitas umum atau pusat kegiatan masyarakat, kali ini dilaksanakan di kediaman RW setempat. Seperti apa?

Rumah Ketua RW 12 Kelurahan Mataair, Zakiruddin berlokasi di Perumahan Vila Mega. Rumah ini menjadi lokasi dari program vaksin goes to RW. Dalam pelaksanaannya, turut hadir Kapolsek Padang Selatan, AKP Purwanto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Mataair Aipda Novri, dan Ketua Satgas Covid-19 Kelurahan Mataair, Pendinson.

AKP Purwanto mengaku telah mempertimbangkan kegiatan ini cukup lama. Ia menyadari kesibukan dari masyarakat untuk bekerja bisa menjadi penghambat untuk mereka melaksanakan vaksin.

Dengan terobosan penggunaan rumah RW sebagai lokasi vaksin, masyarakat sekitar yang akan divaksin tidak harus melakukan perjalanan jauh, dan juga tidak membuang banyak waktu.

“Kami yakin cara ini akan berhasil meningkatkan angka vaksinasi. Walaupun tidak signifikan, tapi sangat efektif. Ini karena lokasinya berada di rumah RW yang berlokasi di tengah permukiman masyarakat, sehingga mobilisasinya lebih mudah dilakukan. Kalau bicara hasil keseluruhan di Padang Selatan, angkanya sudah sangat tinggi, sudah jauh lebih dari 90 persen,” ujarnya.

Walaupun capaian vaksin telah jauh melampaui target, AKP Purwanto menginginkan tetap ada peningkatan setiap harinya. Ia menginginkan seluruh warga Padang Selatan yang tidak berhalangan secara medis untuk ikut andil dalam peningkatan capaian vaksin.

“Polsek Padang Selatan masih berupaya untuk memaksimalkan sampai 100 persen, itu target utama kami. Diharapkan ini menjadi percontohan untuk kecamatan-kecamatan lain yang ada di kota Padang,” jelas Purwanto.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Mataair, Aipda Novri mengatakan kegiatan vaksin goes to RW ini hasil dari kerja sama dan sinergitas antar lini. Ke depannya, ia menginginkan agar kegiatan ini dapat dieksekusi pada RW lainnya.

Baca Juga:  Rustam Efendi Serap Tiga Aspirasi Warga RW II Batipuah Panjang

“Yang pertama tentu saja kita sangat bahagia dengan capaian vaksin sekarang, dan juga kita bisa berbangga diri dengan terobosan-terobosan saat ini. Tapi yang perlu digaris bawahi tentunya konsep pelaksanaan vaksin di rumah RW ini dapat terselenggara dengan lancar karena adanya kolaborasi antar lini, dimulai dari kepolisian, RW hingga masyarakat setempat. Melihat antusias yang cukup tinggi, insya allah kegiatan ini akan berkelanjutan,” pungkasnya.

Ia mengatakan, capaian vaksin vaksin 100 persen harus segera terealisasi, karena akan berdampak positif pada banyak hal, baik dari sisi kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lainnya. Jika target tersebut tercapai, personel dari Polsek Padang Selatan bisa berfokus pada berbagai kegiatan pelayanan dan pengayoman lainnya.

Sementara itu, untuk Kota Padang capaian vaksinasi sudah di atas angka 70 persen. Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan capaian itu berkat sinergi antara TNI, Polri serta instansi terkait lainnya yang terus berusaha mempercepat capaian vaksinasi di Kota Padang.

Atas capaian itu, Hendri Septa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat, sehingga capaian vaksinasi sudah mencapai 70 persen.

Meski sudah mencapai target, Hendri Septa tetap mengimbau masyarakat yang belum divaksin agar segera divaksin supaya Kota Padang lepas dari PPKM. Di samping itu, Hendri Septa juga mengingatkan warga Kota Padang agar terus mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19. (***)