Lagi, 9 Pasien Covid-19 Sembuh

Ilustrasi virus korona. (IST)

Pasien positif terjangkit virus korona (Covid-19) yang sembuh bertambah. Sebanyak sembilan pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, Jumat (8/5/2020).

Kesembilan pasien sembuh tersebut berdasarkan hasil dari dua kali pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan oleh Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand dengan dua kali hasil negatif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang, Ferimulyani kepada Padang Ekspres mengatakan, kesembilan pasien tersebut telah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

“Kesembilan pasien tersebut dua pasien dari Kelurahan Andalas, satu pasien dari Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, satu pasien di Parakgadang Timur, satu orang dari Kelurahan Koronggadang dan satu orang dari Kelurahan Kalumbuk,” ujarnya.

Pasien sembuh lainnya berasal dari Kelurahan Matoaia sebanyak dua orang, dan Kelurahan Seberangpadang sebanyak satu orang.

“Dengan tambahan sembilan pasien sembuh tersebut, maka total pasien sembuh di Kota Padang saat ini berjumlah sebanyak 36 orang,” ungkapnya.

Selain adanya penambahan pasien sembuh, terjadi juga penambahan kasus pasien positif Covid-19 dengan jumlah yang cukup signifikan yakni 14 kasus. 14 kasus pasien positif Covid-19 baru tersebut tersebar di beberapa Kelurahan di antaranya Kelurahan Balaigadang sebanyak satu orang, Pasar Ambacang tiga orang, Paraklaweh satu orang, dan Kotobaru dua orang.

Lalu di Kelurahan Kampungjua satu orang, Bandarbuat satu orang, Ujunggurun sebanyak satu orang, Matoaia satu orang, Pasargadang dua orang, dan Kuraopagang satu orang.

Ke-14 kasus tersebut di antaranya merupakan hasil dari tracking yang dilakukan di klaster penularan Pasar Raya Padang. Kemudian, sebagian lagi merupakan kasus kontak dengan pasien positif sebelumnya.

Dengan adanya 14 penambahan kasus pasien positif Covid-19, maka total kasus positif Covid-19 di Kota Padang tercatat saat ini 153 orang.

Kemudian, di hari yang sama terdapat juga satu kasus pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Pasien tersebut berasal dari Kelurahan Kuraopagang Kecamatan Nanggalo.

“Maka total kasus pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Padang bertambah menjadi 14 orang,” ujarnya.

Berdasarkan data terkini perkembangan kasus Covid-19 di Kota Padang melalui website dinkes.padang.go.id tercatat ada 47 orang negatif Covid-19, dan 39 orang sedang menunggu hasil pemeriksaan.

Sedangkan jumlah PPT tercatat ada sebanyak 2252 orang dengan rincian 14 orang baru dipantau dan 68 orang selesai dipantau. Jumlah ODP ada sebanyak 51 orang, OTG sebanyak 361 orang dan PDP berjumlah sebanyak 118 orang. (a/i)