Tes Swab Massal Jilid III di Pasar Raya

48
Seorang warga melakukan tes swab yang digelar Disdag bersama DKK Padang di lantai satu MPP Pasar Raya Padang, kemarin. (Foto: IST)

Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang kembali menggelar tes swab massal di Pasar Raya Padang, Senin (8/6/2020).

Tes swab tersebut tidak hanya diperuntukkan kepada para pedagang, tapi juga kepada masyarakat yang beraktivitas di Pasar Raya.

Pantauan Padang Ekspres, pelaksanaan tes swab dilakukan di lantai satu gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pasar Raya Padang. Lokasi pengambilan swab dipindahkan dari lantai 4 MPP ke lantai satu dikarenakan lokasi itu lebih mudah diakses masyarakat.

Di tempat swab, terdapat 4 bilik pengambilan swab. Para petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Padang menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap standby menunggu peserta swab.

Kepala Disdag Kota Padang, Andree Algamar kepada Padang Ekspres mengatakan, pelaksanaan tes swab massal jilid III ini mulai dilakukan hari Senin (8/6/2020) sampai lima hari ke depan. Tes swab jilid III ini tidak hanya diperuntukkan bagi pedagang, tapi juga masyarakat yang sering beraktivitas di Pasar Raya Padang.

Andree mengungkapkan, tujuan tes swab massal ini adalah untuk memutus rantai penularan Covid-19 di klaster Pasar Raya Padang yang saat ini menjadi satu-satunya klaster penularan yang belum tuntas diputus. “Kami menargetkan sebanyak-banyaknya, mulai dari pedagang, buruh, sopir angkot hingga juru parkir,” ungkapnya.

Lebih lanjut Andree menyampaikan, sejak dilakukannya tes swab massal di kawasan Pasar Raya Padang, terdapat 1.600 orang dari klaster Pasar Raya Padang yang dinyatakan negatif Covid-19.

“Sementara dari total sebanyak 1.700 lebih yang telah dilakukan pengambilan swab mulut dan tenggorokan, hanya terdapat 241 orang yang positif Covid-19. Itu artinya dari total keseluruhan tes swab yang dilakukan, 80 persen hasilnya negatif,” tukasnya.

Bagi pedagang yang telah melakukan pengambilan swab mulut dan tenggorokan, maka di toko-toko mereka akan dipasang striker yang bertuliskan pedagang telah melakukan tes swab.

“Sementara untuk yang belum di swab, maka akan terus kami imbau mereka untuk mau datang ke tempat pemeriksaan swab yang berada di lantai satu MPP Pasar Raya Padang,” ujarnya.

Selain melanjutkan kembali tes swab massal di kawasan Pasar Raya Padang, Disdag Kota Padang juga menempatkan dua posko cek poin di dua pintu masuk kawasan Pasar Raya Padang sebagai tempat pemeriksaan terhadap pengunjung yang akan masuk ke kawasan Pasar Raya Padang.

Dua posko cek poin tersebut merupakan tindak lanjut dari keputusan Pemerintah Kota (Pemko) Padang menerapkan masa transisi usai penerapan PSBB jilid III yang berakhir Minggu lalu. “Dua posko cek poin tersebut terletak di pintu masuk yang berada di Simpang Kandang dan di kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang,” jelasnya.

Di posko cek poin tersebut, setiap orang yang akan masuk kawasan Pasar Raya Padang akan diperiksa suhu tubuhnya, apakah menggunakan makser dan hal-hal yang diatur dalam protokol kesehatan Covid-19. (a)