Gelar Bimtek Administrator PPID, Tingkatkan Kapasitas Pengelola PPID

5
Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy.(IST)

Dalam mewujudkan pelayanan informasi publik yang baik kepada lapisan masyarakat, membutuhkan keterlibatan dan dukungan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), pihak swasta maupun masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy saat membuka Bimtek Administrasi PPID Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkungan Pemko Padang Tahun 2021 di salah satu hotel di Padang, Rabu (7/7).

Dijelaskan, sejak diterbitkannya UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, informasi menjadi satu hal wajib yang harus disediakan oleh seluruh badan publik di Indonesia.

“Keterbukaan informasi publik ini sangat penting karena berkaitan dengan hak setiap orang mendapatkan informasi, peningkatan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas,” sebut Rudy.


Oleh karena itu, setiap badan publik wajib menyediakan informasi yang diumumkan secara berkala dan serta merta. Informasi yang diminta masyarakat tetapi di luar informasi yang dikecualikan.

Badan publik harus menyiapkan secara matang mengenai informasi apa saja yang masuk ke dalam informasi yang dikecualikan. Sehingga tidak menimbulkan kesalahan dalam praktek penyelenggaraan PPID.

Baca Juga:  35.912 Warga Terima BST dan Beras, Penyaluran Rampung Akhir Juli

Sementara itu, Kabid Informasi Komunikasi Publik Rina Endaharti mengatakan bimtek ini bertujuan dalam rangka mewujudkan implementasi UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi dengan baik.

Bimtek ini diikuti para petugas PPID Pembantu dan Administrator PPID yang ada di 52 OPD. “Kita berharap bimtek ini bisa meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para petugas PPID pembantu dan administrator, meningkatkan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemko Padang serta terciptanya koordinasi antara PPID utama dan PPID pembantu dalam pelayanan informasi kepada masyarakat. (eri)