Manunggal BBGRM di Batangkabung Ganting, Pengecoran Jalan Dikebut

6
GOTONG ROYONG: Aparatur Kelurahan Batangkabung Ganting mengerjakan program manunggal BBGRM tahun 2021.(IST)

Program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2021 di Kelurahan Batangkabung Ganting, Kecamatan Kototangah mewujudkan pemerataan
pembangunan. Seperti apa?

PEMBANGUNAN sasaran fisik khususnya dalam pengerjaan pengecoran jalan menjadi salah satu pilihan terbaik yang dilakukan oleh Kelurahan Batangkabung Ganting dalam memperlancar dan mempermudah akses warga.

Lurah Batangkabung Ganting, Yose Rizal mengatakan, dalam program manunggal BBGRM tahun ini menitikberatkan pengerjaan pengecoran jalan di Kelurahan Batangkabung Ganting sesuai dari permintaan warga dan juga usulan RT dan RW.

“Warga sangat butuh pengecoran jalan. Sebab kondisi jalannya tidak bagus lagi, becek dan setiap kali hujan turun lama langsung tergenang air,” kata Yose Rizal yang akrab dipanggil Yos itu kepada Padang Ekspres, Kamis (8/7).


Ia menjelaskan, pengerjaan pengecoran jalan itu juga sebagai wujud upaya memperlancar akses jalan anak sekolah di SDN 48 Batangkabung Ganting. “Jadi anak-anak yang pulang pergi sekolah setiap harinya susah melewati jalan itu, kasian kalau melihatnya. Makanya pengecoran jalan itu segera kami kebut pengerjaannya,” ujar Yos.

Lokasi yang dibuat pengecoran jalan itu, lanjut Yos luas tanah yang diberikan atau dihibahkan tersebut oleh salah seorang penghulu di Kelurahan Batangkabung Ganting. “Dari pengecoran jalan yang telah dilakukan, sekarang ini jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4,” akunya.

Dikatakannya dalam program manunggal BBGRM tahun 2021 ini pengecoran jalan tersebut dilakukan pengerjaanya di RT 05/RW 13. “Pengerjaan pengecoran jalan tersebut dilakukan sepanjang 137 meter dengan lebar 2,7 meter dan tinggi yang dibuat mencapai 10 cm,” jelasnya.

Yos menyampaikan dalam kegiatan program manunggal BBGRM tersebut, Pemko Padang hanya menggelontorkan dana pancingan sebesar Rp 35 juta kepada Kelurahan Batangkabung Ganting.

Menurutnya, swadaya masyarakat yang dilakukan dalam pengecoran jalan sangat cukup tinggi, seperti sumbangsih uang, tenaga, konsumsi, sarana dan prasarana serta bantuan lainnya.

“Antara komponen yang ada di Kelurahan Batangkabung Ganting baik dari pemerintah kelurahan, bhabinkamtibmas, babinsa, RT dan RW juga ada sinergitasnya untuk mensukseskan program manunggal BBGRM tersebut,” bebernya.

Selanjutnya kata Yos selain dari program manunggal BBGRM tahun 2021 di Kelurahan Batangkabung Ganting juga ada melakukan kegiatan program fasilitas lingkungan (fasling).

Baca Juga:  Bantah Dugaan Korupsi Dana Pokir, Ilham Maulana Beri Klarifikasi

“Ada dua program fasling yang dilakukan di Kelurahan Batangkabung Ganting dalam bentuk pekerjaan pengecoran pembangunan jalan yang menggunakan beton cor ready mix,” sebutnya.

Ia sampaikan program fasling pertama dilakukan di RT 05/RW 02 dengan panjang 66 meter, lebar 3 meter, tinggi 12 centimeter ditambah swadaya dari masyarakat sepanjang 26 meter, lebar 3 meter dan tinggi mencapai 12 cm.

“Program fasling yang kedua ini kita lakukan di RT 03/RW 07 dengan panjang mencapai 73 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 12 centimeter,” tandasnya.

Sementara itu, program terkait pencegahan dan pengendalian Covid-19 juga akan menjadi program prioritas di Kelurahan Batangkabung Ganting.

“Kami akan berupaya menuntaskan pandemi ini, yang menjadi titik fokus yakni sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Mengingat angka kasus positif Covid-19 semakin meningkat setiap harinya,” ungkap Yos.

Yos menyebut, pihak kelurahan juga memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada warga di Kelurahan Batangkabung Ganting yang terdampak Covid-19.

“Warga juga akan di berikan bantuan sembako secukupnya demi keperluan sehari-hari. Karena cukup banyak dilihat orang-orang yang tergolong berpunya memberikan sembako kepada kelurahan ini,” tandasnya.

Tak hanya itu, program pembinaan kepada UMKM juga akan dilakukan di Kelurahan Batangkabung Ganting, dari berbagai macam jenis yang tersebar seperti bergerak di bidang kue kering, kue bolu, rakik kacang (peyek kacang), kerupuk dan lain-lain.

“Kami juga akan meningkatkan ekonomi UMKM. Dalam hal ini telah dilakukannya pendampingan oleh Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Perdagangan. Untuk sekarang ini beberapa UMKM sudah bisa menyalurkan hasil usahanya ke supermarket dan tempat-tempat lainnya,” papar Yos.

Ia berharap dengan berbagai aspek program yang dilakukan oleh Kelurahan Batangkabung Ganting, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami juga ingatkan kepada warga agar bisa menjaga dan memelihara fasilitas yang telah dibuat oleh pemerintah melalui pihak kelurahan. Semoga apa yang telah dikerjakan ini akan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” pungkasnya. (***)