Andre Rosiade Bantu Istri Penjual Roti Bakar yang Terkena Kanker Payudara

83

Hampir sebulan, Wilson Monardi (40) tak lagi berkeliling bersama becak motornya menjual roti bakar. Pemasukannya jauh berkurang. Pasalnya, istrinya Nora Safita (37) tak bisa ditinggalkan, karena penyakitnya yang makin berat. Sejak tujuh bulan lalu, Nora terkena kanker payudara.

Kini, pasangan yang tinggal di rumah kayu di Sungai Latuang Kampung Jambak, RT 3 RW 2, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Kototangah, Kota Padang ini sedang fokus merawat diri dan berobat. Sudah dua kali Mora mendapatkan kemoterapi di RSUP M Djamil Padang, dari rencana enam kali. Sebagai warga biasa, mereka juga mengaku kerepotan berurusan dengan rumah sakit.

“Biasanya saya berjualan keliling. Karena setahun terakhir istri memang mengeluhkan ada benjolan di bagian ketiak dan dadanya, tapi dirasa tak masalah karena sempat hilang. Tapi awal tahun 2022 ini, mulai merah dan luka. Barulah kami coba berobat ke Puskesmas, sampai dirujuk ke RS M Djamil Padang,” kata Wilson, pria asal Payakumbuh saat didatangi Tim DPD Gerindra Sumbar yang diminta Andre Rosiade menyerahkan bantuan, Selasa (9/8/2022).

Kata Wilson, sebulan terakhir dia terpaksa di rumah saja, karena harus fokus merawat istrinya. Lukanya sudah sampai ke punggung yang mengeluarkan cairan yang cukup banyak dan berbau.

“Untuk makan sehari-hari ya bergantung dari bantuan orang lain, karena istri belum bisa ditinggal. Semoga empat kali kemoterapi lagi, bisa jelas tindak lanjut penyakitnya, dioperasi atau tidak,” kata Wilson saat didatangi Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Wakil Sekretaris Zulkifli dan Wakil Bendahara Hendra Afnezola dan Rina Shintya.

Wilson merasa terharu dan sangat berterima kasih karena Anggota DPR RI Andre Rosiade mengirimkan bantuan sembako dan juga uang untuk biaya berobat. Ini seperti hujan di musim kering bagi dia dan istrinya yang tinggal di rumah mertuanya itu.

Baca Juga:  Peredaran Ganja 1,2 Kg Digagalkan

“Kanker payudara istri saya sudah stadium tiga, tak tahu lagi bagaimana. Kami sangat membutuhkan bantuan, terima kasih pak Andre Rosiade dan Partai Gerindra. Sekarang sekali 20 hari harus kemo, butuh biaya juga,” katanya.

Sofyan, orang tua Nora mengaku anaknya sakit dalam setahun terakhir ini. Biasanya, baik-baik saja dan bisa membantu suaminya mempersiapkan dagangan.

“Saya juga berterima kasih kepada pak Andre yang membantu anak saya. Mereka benar-benar membutuhkannya. Mohon dibantu juga dalam pengurusan di rumah sakit, karena kami orang kampung, kadang tak mengerti,” katanya.

Informasi kondisi penyakit Nora Safita ini awalnya diterima oleh Hendra Afnezola. Dia meneruskan kepada Andre Rosiade, anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar. “Alhamdulillah, bang Andre langsung respons dan meminta kami mengantarkan bantuan. Kondisinya memang memprihatinkan. Meski sudah punya BPJS, tapi biaya sehari-hari dan juga obat-obat tambahan juga dibutuhkan,” kata Sekretaris Jabat (Jaringan Pengusaha Nasional/Japnas Berbakti) Sumbar ini.

Andre Rosiade yang dihubungi terpisah merasa prihatin dengan kondisi warga Kototangah itu. Dia minta tim DPD Gerindra Sumbar segera menghubungi dan menyerahkan bantuan. “Kami doakan yang sakit cepat sembuh dan bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Ini adalah ujian dan harus dihadapi dengan sabar,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (*)