Pohon Tumbang Timpa Atap Rumah

18
ilustrasi. (jawapos.com)

Hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Padang, kemarin (8/10), mengakibatkan dua pohon tumbang. Pohon tumbang itu menimpa atap rumah warga dan menghambat akses jalan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang melaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun total kerugian ditaksir mencapai Rp 3 juta.
Informasi dihimpun Padang Ekspres, pohon tumbang yang menimpa rumah warga terjadi di Kampung Batu RT 06 RW 02 Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, sekitar pukul 06.27.

Sedangkan pohon tumbang yang menghambat aksen jalan terjadi di Jalan Diponegoro Kelurahan Belakangtangsi, Kecamatan Padang Barat sekitar pukul 11.15. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra menyampaikan, rumah yang tertimpa pohon tumbang mengalami kerusakan ringan pada bagian atap dengan kerugian material sekitar Rp 3 juta.

”Kita sudah melakukan pembersihan material pohon yang menimpa rumah tersebut. Begitu juga material pohon yang menghambat jalan. Proses pembersihan berjalan lancar dan tidak ada kendala,” ujarnya.

Dia menambahkan, hasil pemantuan Tim BPBD Kota Padang, tidak ada banjir dan longsor yang terjadi akibat hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Padang sejak Kamis pagi. “Longsor dan banjir tidak ada. Hanya genangan-genangan air biasa,” imbuhnya.

Baca Juga:  Andre Bagikan Masker Medis untuk RSUP M Djamil, RS Unand dan SPH

Sutan menyampaikan, beberapa hari ke depan masih akan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang. Kondisi cuaca ini, berpotensi terjadi bencana longsor, banjir, dan pohon tumbang.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat khususnya yang menuju akses Padang-Solok, Padang-Painan, dan arah menuju kawasan wisata Pantai Airmanis untuk lebih berhati-hati. Pasalnya, daerah tersebut berpotensi terjadi bencana longsor di saat hujan lebat.

Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap bencana banjir. Terutama masyarakat yang berada di titik-titik rawan banjir. Seperti Jondul, Alai, Lapai, Pegambiran, Sungaisapih, dan titik-titik rawan banjir lainnya.

“Bagi masyarakat pengguna kendaraan diminta berhati-hati saat melintasi jalan dan tidak memarkir kendaraan di bawah pohon karena di saat hujan disertai angin kencang sangat berpotensi terjadi pohon tumbang,” imbau Sutan. (i)