2 Ribu Buku dan 100 Tas Disalurkan, Anak Yatim Butuh Pakaian Sekolah

11

Jumat Berkah Berbagi (JBB) kerja sama Masjid Al Quwait dan Rumah Gadang Basamo (RGB) Alumni SMA 1 Padang 1987 telah menyalurkan 100 kodi atau 2 ribu buku tulis dan 100 tas pada anak yatim pada pekan 29, Jumat (8/10/2021).

Koordinator JBB Herwaty Taher mengatakan, penyaluran buku dan tas sekolah itu dilakukan dalam dua termen. Yakni pada pekan 28, Jumat (1/10/2021) dan pekan 29, pada Jumat (8/10/2021)

“Pada pekan 28 diperuntukkan 50 orang anak SD dan SMP yatim dan dhuafa. Masing masing mereka mendapatkan 20 buku dan 1 tas. Sedangkan pekan 29 untuk SMP dan SMA,” ujarnya.

Herwaty Taher yang juga seorang mualaf ini mengungkapkan 100 tas berasal dari David Haliyanto. Sedangkan 2 ribu buku tulis dari Yeyen Novel, Yetti Herawaty, Yantie Sabar, Aprilman, Niken, Mami, dr. Quintasari, dr. Gordian Rusydi dan dr. Sri Dewi Hayani. “Mereka semua dari Rumah Gadang Basamo Alumni 1987,” ujarnya.

Herwaty Taher yang juga Seksi Hubungan Sosial dan Kemasyarakatan Masjid Al Quwait ini mengungkapkan dari hasil pendataan, ada 152 anak yatim di Kelurahan Banuaran. Namun yang diberi tas hanya SD dan SMP/MTs. Khusus tingkat SMA/SMK/MA, mereka hanya diberi buku masing-masing masing 20 buah.

“Tas yang kita salurkan, kurang cocok untuk tingkat SMA, lantaran ukuran kecil. Jadi kita berharap juga ada donatur tas untuk tingkat SMA. Selain itu, juga dibutuhkan pakaian sekolah pada semua tingkat pendidikan,” ujar Herwaty Taher yang juga Ketua RT 01 RW 10 Banuaran ini.

Sementara itu Tokoh Masyarakat Banuaran Hudi Sutomo berharap para penerima harus membalas bantuan donatur itu dengan meningkatkan semangat belajar.

Baca Juga:  Gunakan Pakaian Adat Minang, Iskandar Z Lubis┬áDikira Datuk oleh Ketua DPRD

“Jadikan bantuan para donatur itu sebagai pelecut semangat belajar. Tak punya bapak, bukan berarti hilangnya harapan dan cita-cita. Karena Allah telah memindahkan tanggung jawab bapak kita itu, pada seluruh kaum masyarakat, ” ujarnya.

Malahan kata dia, bagi donatur juga momen membuka pintu rezeki. “Allah Yang Maha Kuasa telah tegas menyatakan, menyantuni anak yatim dan dhuafa tidak akan membuat seseorang jadi miskin. Malahan sebaliknya akan makin membuka pintu rezeki, ” ujarnya.

Ketua Masjid Al Quwait Banuaran, Saribulih berterima kasih pada semua pihak yang telah berpartisipasi dan donasi dalam JBB. Apalagi kegiatan ini telah berjalan sampai pekan 29. Artinya sudah 29 pekan kegiatan JBB berlangsung secara berturut turut.

“Para donatur berasal dari lembaga dan perorangan. Baik dalam bentuk uang, makanan dan natura. Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan makin membuka rezeki para dermawan yang telah peduli dengan program JBB, ” ujarnya.

Lebih lanjut Saribulih mengungkapkan bahwa Perpustakaan Masjid Al Quwait juga makin banyak memiliki koleksi Al Quran dan buku bacaan.

“Dalam beberapa pekan ini, kita juga telah menerima Al Qur’an, terjemahan dan untuk Tahfiz dari para donatur. Ini sangat kita syukuri, karena kita juga lagi mengembangkan Rumah Tahfiz. Mudah-mudahan juga ada donatur untuk berbagai kegiatan keagaaman ini. Apalagi kita juga lagi butuh proyektor, alat audio untuk tahfiz dan lainnya,” ujarnya.

Bagi yang ingin berbagi rezeki, kata Saribulih, silakan hubungi koordinator JBB Herwaty Taher di nomor 0852 6353 7902 atau Penanggung Jawab JBB, Saribulih di nomor 0812 678 8357. (rel)