Hasilkan Tenaga Teknik Kompeten, PT APEI Sukses Gelar Uji Kompetensi

Panitia Uji Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan di Sumbar. Dari kiri ke kanan: H. Hertog, Dr. Sukardi, Dr. Ija Darmana, Ir. H. Adrinaldi. (IST)

Lembaga Sertifikasi Kompetensi PT APEI Jakarta mengadakan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan secara bertahap mulai 18 Desember 2020 sampai 6 Februari 2021 di Jalan Purus V Nomor 119, Kota Padang. Uji kompetensi ini diikuti oleh peserta yang merupakan tenaga teknik yang sudah mempunyai perusahaan (kontraktor listrik).

Ketua Bidang Sertifikasi dan Uji Kompetensi APEI Sumbar, Ija Darmana kepada padek.co, Rabu (09/02/2021) mengatakan, uji kompetensi ini bertujuan selain meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang ketenagalistrikan, juga memberikan pengakuan bahwa tenaga teknik tersebut memiliki kompetensi di bidang instalasi pemanfaatan tenaga listrik dan distribusi tenaga listrik dalam bentuk sertifikat kompetensi yang dikeluarkan Kementerian ESDM.

“Sertifikat kompetensi ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti tender kelistrikan di PLN, Kementerian ESDM, dan lainnya,” jelas Ija.

Selain itu, kata Ija, melalui uji kompetensi ini juga dihasilkan tenaga teknik yang kompeten dan dapat melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan standar Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) serta menerapkan dan menggunakan APD (alat pelindung diri) dan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) sesuai ketentuan.

Baca Juga:  Duta GenRe Kota Padang, Wujudkan Generasi Muda Kuat di Masa Datang

Lebih lanjut Ija menjelaskan, uji kompetensi ini juga diselenggarakan di seluruh Indonesia. Di Sumbar, kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta yang telah memiliki badan usaha baik itu berupa CV atau PT.

Ia menyebut, para penguji terdiri dari asesor 1 orang yakni dari pihak eksternal dan dua orang dari internal di Sumbar yakni Dosen Teknik Elektro UBH, Ija Darmana dan Dosen ITP, Antonov. Kegiatan dibuka oleh Pengurus Pusat APEI dan Pengurus Daerah APEI Sumbar Sukardi. Uji kompetensi ini digelar pada 18-20 Desember 2020 dan 4-6 Februari 2021. (bis)