Ini Kategori Pelanggan Gratis Tiga Bulan Tagihan PDAM

PDAM Padang gratiskan tagihan pelanggan terdampak Covid-19 selama tiga bulan. (Foto: ist)

Di tengah pandemi virus korona (Covid-19), berbagai cara dilakukan untuk membantu ekonomi warga yang terdampak. Terbaru, Pemko Padang menggratiskan tagihan air PDAM selama tiga bulan untuk pemakaian bulan April, Mei dan Juni, atau pembayaran bulan Mei, Juni dan Juli.

“Kebijakan ini diambil untuk meringankan beban masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi di saat pandemi Covid-19,” ujar Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Namun, Mahyeldi mengingatkan bahwa kebijakan menggratiskan tagihan air PDAM tersebut diberikan hanya pada kategori masyarakat tertentu.

Yakni, masyarakat kategori sosial A dan kategori sosial B serta rumah tangga 2A dan rumah tangga 2B. Dengan jumlah sebanyak 3.550 pelanggan.

Kategori sosial A atau sosial umum terdiri dari terminal, tempat ibadah, masjid dan mushalla. Sosial B terdiri dari yayasan sosial, panti sosial, panti asuhan dan badan sosial atau panti-panti yang tidak memiliki penghasilan. Namun, tidak termasuk yayasan perguruan tinggi.

Sementara untuk kategori rumah tangga 2A dan 2B terdiri dari bangunan rumah tangga non-permanen dengan luas kurang atau sama dengan 36 meter persegi. Sedangkan golongan 2A dan 2B tidak termasuk asrama TNI dan Polri.

Mahyeldi mengungkapkan pembebasan tagihan air PDAM ini salah bentuk kepedulian Pemko Padang kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Pembebasan tagihan air PDAM akan diberikan selama tiga bulan,” kata wali kota dua periode itu.

Direktur Utama PDAM Padang Hendra Pebrizal mengatakan, jumlah penerima bantuan gratis tagihan tiga bulan ini sebanyak 3.550. Jika ditotal, tagihan sebanyak senilai Rp1 milliar.(rel/esg)