Pedagang Pasar Satelit Diminta Tes Swab di Pasar Raya

Seorang pedagang sembako di Pasar Raya Padang menunggu pembeli sembari merapikan barang dagangannya, kemarin. (Foto: Adetio Purtama-Padang Ekspres)

Pedagang dan masyarakat yang sering beraktivitas di pasar-pasar satelit di Kota Padang diarahkan untuk melakukan tes swab mulut dan tenggorokan di lantai I gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sudah dilaksanakan sejak Senin (8/6/2020).

Pemusatan pengambilan swab para pedagang dan masyarakat bertujuan agar Dinas Perdagangan (Disdag) dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Padang bisa fokus mendata dan melakukan pengambilan swab di satu lokasi yang representatif.

Kepala Disdag Kota Padang, Andree Algamar kepada Padang Ekspres, Selasa (9/6) mengatakan, seluruh pedagang dan masyarakat yang sering beraktivitas di pasar-pasar satelit di Kota Padang diminta untuk melakukan tes swab di lantai I MPP Pasar Raya Padang.

“Kami arahkan para pedagang di pasar-pasar satelit untuk melakukan tes swab di lantai I MPP. Tes swab massal ini akan digelar sampai 6 hari ke depan. Ini bertujuan untuk memutus rantai penularan Covid-19 terutama di klaster Pasar Raya Padang,” ujarnya.

Andree menjelaskan, para pedagang dan masyarakat yang ingin melakukan tes swab di lantai I MPP, hanya cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang nantinya akan dijadikan data identitas dari peserta swab tersebut.

Pada tes swab massal ini, pihaknya menargetkan sekitar 2.000 lebih orang yang melakukan tes swab tersebut. “Pastinya dengan banyaknya orang yang melakukan tes swab, maka sangat baik dalam rangka dan upaya kita mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Padang,” tukasnya. (a)