STAI YASTIS Padang Tingkatkan Kualitas Institusi dan Program Studi

13

Penandatanganan sertijab dari Plt Ketua STAI YASTIS Padang ke Ketua yang baru Abdul Rahman, di kampus STAI YASTIS Padang, Kamis (10/6/2021).

Upaya-upaya dan terobosan peningkatan mutu pengelolaan perguruan tinggi (PT) terus dilakukan. Begitupun di Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Tarbiyah Islamiyah (STAI YASTIS) Padang.

Hal tersebut disampaikan Ketua STAI YASTIS Padang yang baru dilantik Abdul Rahman saat acara serah terima jabatan di kampus STAI YASTIS Padang, Kamis (10/6).

“Kita akan berupaya melakukan pengembangan di tengah modernisasi zaman terhadap STAI YASTIS Padang. Baik secara institusi maupun Prodi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan saat ini STAI YASTIS Padang baru memiliki 2 program studi yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

“Untuk Prodi PAI kita akreditasinya sudah B dan Prodi PIAUD baru berjalan satu tahun dengan hanya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” bebernya.

Ia menyampaikan akan berencana akan menghadirkan Prodi Dakwah dan Prodi Ekonomi S1 di STAI YASTIS Padang. Serta juga mempersiapkan proposal untuk kehadiran Prodi S2 PAI.

Baca Juga:  PLN Sumbar Adakan Program Menanam Buku. Bagaimana Caranya?

“Insyallah kita mencoba mempelajari dan mempersiapkan Prodi baru sesuai dengan kondisi dan kemungkinan yang ada. Mudah-mudahan rencana untuk membuka Prodi S2 ini juga bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Abdul Rahman keinginan status masih sekolah tinggi akan ditingkatkan lagi menjadi institut. Tapi ini sebuah pekerjaan berat yang akan dihadapi, minimal harus memiliki 3 bidang.

“Kalau hari ini kita baru satu bidang yang kita punya yaitu bidang pendidikan. Untuk meningkatkan status ke institut minimal harus menambah 2 bidang lagi dan masing-masing bidangnya perlu 2 Prodi. Tapi setidak-tidaknya ini mimpi kita, berupaya untuk mencapainya di masa yang akan datang,” terangnya.

Dia menambahkan SDM dari tenaga pendidik dosen tetap di STAI YASTIS Padang
juga saat ini sedang mengikuti program S3 melalui beasiswa program 5 ribu doktor dari Kementerian Agama RI.

“Untuk 3 orang dosen sudah tamat dan 2 orang lagi masih dalam tahap penyelesaian. Mudah-mudahan tahun ini juga dapat menyelesaikan studi S3 nya. Di mana dosen-dosen tetap kita insyaallah 75 persen sudah bergelar doktor,” pungkasnya. (r)

Previous articleKogasba Dharmasraya Galang Bantuan untuk Korban Kebakaran Tanjabtim
Next articlePT Semen Padang Kembali Meraih Sertifikat Akreditasi A Kearsipan