Tim Pengabdian UNP Berikan Pelatihan MC Karang Taruna

57

Tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar PKM pemberdayaan pemuda melalui pelatihan master of ceremony (MC) Karang Taruna Kota Padang, pekan lalu. Kegiatan ini dipusatkan di aula Dinas Sosial Kota Padang.

Ketua tim pengabdian masyarakat UNP Nesa Riska Pangesti didampingi anggota Muhammad Adek dan Dewi Anggraini menyampaikan tujuan kegiatan memberikan pelatihan MC sebagai softskill bagi pemuda Karang Taruna. Selain itu, kegiatan ini diharapkan membuka pengetahuan peserta dan menjadi keahlian yang yang membuka lapangan kerja.

“Kami mengundang praktisi MC dan presenter Padang TV, Callizki Citra Syaris. Ada juga dari dosen Bahasa Indonesia UNP Yenni Hayati, dan Yulianti Rasyid. Jumlah peserta 25 orang anggota Karang Taruna Padang,” katanya.

Keterampilan menjadi MC bisa diasah dan ditingkatkan oleh semua orang. Keberadaan MC menentukan kesuksesan sebuah acara. Keterampilan berbahasa dan menggunakan intonasi yang pas akan membuat kegiatan berjalan dengan baik.

“MC merupakan pemandu dalam satu kegiatan. Perannya sangat penting, apalagi ketika acara formal,” katanya.

Baca Juga:  Berkemelut, Kepengurusan YPTP UNES Digugat Secara Perdata

Tim berharap keterampilan ini bisa termanfaatkan oleh peserta. Setidaknya kegiatan tingkat kelurahan. “Dengan adanya keterampilan ini, bisa digunakan dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Kegiatan ditutup oleh Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Padang Diko Eka Putra. Ia mengapresiasi kegiatan ini. “Anggota Karang Taruna mesti menjadi contoh. Selain itu juga berperan dalam peningkatan pembangunan,” katanya. (*)