Usulkan Hotel Berbintang Tempat Istirahat Tenaga Medis

Kader Gerindra diwakilkan pada Supardi yang juga Ketua DPRD Sumbar menyerahkan bantuan APD pada pihak RSUP M Djamil Padang. (Eka Rianto-Padang Ekspres)

DPRD Sumbar mengusulkan hotel berbintang di Kota Padang menjadi tempat istirahat tenaga kesehatan yang melakukan penanganan terhadap pasien korona (Covid-19). Jika saat ini sudah ada hotel pendidikan di SMKN 6 dan 9 Padang yang disediakan, tak ada salahnya hotel berbintang lain juga ikut membantu memberikan layanan bagi tenaga medis ini. Apalagi tenaga medis yang mengurus pasien berkaitan dengan korona mengeluarkan tenaga lebih.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumbar Supardi saat berkunjung ke RSUP M Djamil Padang, Kamis (9/4). Ini sangat mungkin dilakukan karena sepinya orang yang menggunakan jasa hotel saat wabah Covid-19. Menurutnya, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 mulai dari dokter, perawat dan tenaga medis lainnya, “Kita ingin mereka dapat tempat istirahat yang baik dan mampu mengisi energi fisik dengan baik sehingga dapat menjalankan tugas secara maksimal,” katanya.

Ia mengatakan, akan membicarakan ini dengan Gubernur Sumbar agar fasilitas hotel berbintang bisa didapatkan tenaga medis. “Mungkin sekarang di Edotel lumayan baik namun tidak ada salahnya kita berikan fasilitas hotel berbintang dan ajak pengusaha hotel untuk bergerak disaat lesunya perekonomian akibat Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Direktur Umum SDM dan Pendidikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang Dovy Djanas menyampaikan, RSUP M Djamil saat ini kekurangan tenaga perawat dan bidan untuk pasien Covid-19. Menurut dia pasien Covid-19 berbeda dengan pasien umum. Kalau pasien umum perawat bekerja dalam tiga sif dan satu sif delapan jam. Sementara untuk pasien Covid-19, tenaga perawat harus memiliki kondisi yang prima dan sehat sehingga jadwal kerjanya selama empat jam saja. “Hal ini tentu membuat kebutuhan perawat menjadi dua kali lipat dan ini sudah kami sampaikan dan berharap difasilitasi,” katanya.

Dovy Djanas mengatakan, kebutuhan APD sangat tinggi untuk penanganan pasien Covid-19, per hari membutuhkan 100 APD lengkap.

Gerindra Beri Bantuan
Pada kesempatan itu, Supardi yang juga kader Gerindra juga menyalurkan bantuan dari partainya. Dia mewakili ketua DPD Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan, puluhan unit APD kepada tenaga medis yang bertugas di rumah sakit tersebut.

Seluruh kader, lanjutnya, telah memberikan rekomendasi-rekomendasi pada tingkat daerah maupun pusat, hal itu merupakan upaya untuk menemui kebijakan strategis dalam penanggulangan wabah Covid-19.
Hadir juga Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang Mistilizal Aye. (eko)