300 Kendaraan Disuruh Putar Balik

Petugas dari Polresta Padang mengecek suhu tubuh pengendara yang ingin masuk ke Kota Padang dari arah Padangpariaman, kemarin. (Foto: Heru Irawan)

Pos Check Point Covid-19 di perbatasan Padang-Padangpariaman, Padang- Painan dan Padang-Solok diperketat penjagaannya oleh petugas gabungan. Setiap kendaraan yang ingin masuk ke Kota Padang diperiksa satu per satu.

Pantauan Padang Ekspres kemarin (10/5) di Pos Check Point Kayukalek, Kecamatan Kototangah terlihat petugas dari Polresta Padang, Kodim 0312/Padang, Dinas Perhubungan Kota Padang, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD dan relawan memberhentikan satu per satu mobil yang masuk ke Kota Padang dari arah Kabupaten Padangpariaman.

Setiap kendaraan yang lewat ditanyakan oleh petugas, kalau tidak ada keperluan yang mendadak masuk ke Kota Padang, kendaraan-kendaraan tersebut disuruh putar balik.

Kabag Ops Polresta Padang Kompol Alwi Haskar mengatakan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap pengendara yang tidak mematuhi aturan PSBB.

Kendaraan yang masuk ke Kota Padang yang tidak ada berkepentingan disuruh putar balik. Truk-truk yang masuk diperiksa bawaannya. “Para pengendara dicek suhu tubuhnya dan ditanya darimana dan mau kemana,” ucapnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini sudah lebih dari 300 kendaraan yang disuruh balik.
Senada, Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, Pemko Padang akan lebih mengetatkan lagi pengawasan dan pemeriksaan di perbatasan Kota Padang.

Sehingga ke depan tidak ada lagi orang yang datang ke Padang dari luar Provinsi Sumbar bahkan dari Pulau Jawa.

“Maka itu saya menginstruksikan kepada semua pihak terkait khususnya petugas di posko perbatasan betul-betul menseriusi hal ini. Karena kita semua tidak ingin berlama-lama dengan wabah covid-19. Kalau bisa teratasi sesegera mungkin,” tegasnya.

Mahyeldi menegaskan orang yang masuk ke Kota Padang yang tidak jelas tujuannya maka tidak diperbolehkan masuk dan disuruh putar balik. (err)