7 Kelurahan Keluar dari Zona Merah

(Grafis Padang Ekspres)

Meski pasien positif Covid-19 terus bertambah namun pasien sembuh juga bertambah. Selain itu sejumlah wilayah yang sebelumnya masuk zona merah kini mulai bebas.

Sebanyak tujuh kelurahan yang sebelumnya ditemukan kasus positif Covid-19, saat ini dinyatakan bebas kasus positif Covid-19.

Kelurahan ini dinyatakan keluar dari zona merah dikarenakan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, sudah sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani mengatakan, tujuh kelurahan tersebut yakni Kelurahan Jati yang sebelumnya ada 6 kasus positif Covid-19, Kelurahan Parakgadang Timur sebelumnya terdapat 1 kasus positif Covid-19.

Lalu, Kelurahan Anduring sebelumnya ada 1 kasus positif Covid-19, Kelurahan Koronggadang sebelumnya ada 1 kasus, Tanjung Saba Pitameh sebelumnya ada 1 kasus, Indarung yang sebelumnya 2 kasus positif, dan Kelurahan Seberangpadang sebelumnya ada 1 kasus.

Di samping itu, kasus pasien positif virus korona (Covid-19) di Kota Padang kembali bertambah 11 kasus, Minggu (10/5). Ke-11 kasus pasien positif Covid-19 tersebut merupakan hasil tracking dan penulusuran yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan terhadap klaster-klaster penularan virus Covid-19 yang ada di Kota Padang.

Dengan adanya penambahan 11 kasus pasien positif Covid-19 tersebut, maka total kasus positif Covid-19 saat ini berjumlah 177 kasus.

Ferimulyani menjelaskan, 11 kasus pasien positif Covid-19 baru tersebut tersebar di beberapa kelurahan di Kota Padang di antaranya 1 kasus di Kelurahan Jatibaru, 2 kasus di Kubu Dalam Parak Karakah, 2 kasus di Kelurahan Balaigadang.

Kemudian, 1 kasus di Kelurahan Bungopasang, 1 kasus di Kuranji, 1 kasus di Pasar Ambacang, 1 kasus di Pagambiran, 1 kasus di Matoaie dan 1 kasus di Kelurahan Pasagadang.

Selain penambahan kasus pasien positif Covid-19, Dinas Kesehatan juga mengonfirmasi empat pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Keempat pasien itu dinyatakan sembuh setelah orang dilakukan pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan sebanyak dua kali dan hasilnya negatif Covid-19 dari dua hasil pemeriksaan tersebut.

“Keempat pasien sembuh itu berasal dari Kelurahan Sawahan 1 orang, Ampang 1 orang, Gurunlaweh 1 orang dan Kelurahan Indarung 1 orang,” ungkap Ferimulyani.

Dengan penambahan 4 pasien yang sembuh ini, maka total pasien sembuh di Kota Padang tercatat 40 orang.

Berdasarkan data terkini perkembangan kasus Covid-19 di Kota Padang melalui website dinkes.padang.go.id tercatat ada 177 kasus positif Covid-19, 40 orang sembuh, dan 14 meninggal dunia.

Kemudian jumlah Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPT) ada 2155 orang dengan rincian delapan orang baru dipantau dan 54 orang selesai dipantau.

Lalu jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada sebanyak 73 orang dengan rincian 10 orang baru dipantau dan tiga orang sembuh.

Sedangkan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) tercatat ada 293 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 130 orang. (a/i)