Masuk Pasar Wajib Pakai Masker

Wawako Padang Hendri Septa mengedukasi pedagang agar memakai masker di Pasar Raya Padang, Sabtu (9/5/2020). (Foto: IST)

Pemko Padang membuat kebijakan tegas terhadap pedagang maupun masyarakat yang beraktivitas di pasar-pasar se-Padang, tak hanya di Pasar Raya Padang, namun juga pasar-pasar satelit lainnya.

Bila tak menggunakan masker, petugas Satpol PP dan Dinas Perdagangan menyuruh bersangkutan balik kanan.

Ketegasan itu dikemukakan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu mengunjungi Pasar Nanggalo Siteba, Padang, Sabtu (10/5/2020).

Dinas Perdagangan juga diperintahkan untuk membuat pos penjagaan dibantu masing-masing kecamatan.

“Kita sudah berulang kali mengingatkan pedagang maupun masyarakat yang hendak beraktivitas di pasar. Mereka wajib menggunakan masker. Ke depan tidak ada lagi toleransi, siapa saja tak menggunakan masker dipersilakan balik kanan,” terang Hendri Septa didampingi Kepala Dinas Perdagangan Endrizal dan Asisten I Edi Hasymi.

Pria yang juga Ketua DPD PAN Padang itu meminta Dinas Perdagangan memasang banner atau spanduk wajib menggunakan masker masuk pasar di tempat-tempat strategis.

Nantinya, perugas Satpol PP dan Dinas Perdagangan ditugaskan mengawasi pedagang maupun masyarakat yang memasuki pasar.

“Kita minta pedagang maupun masyarakat memahami semua ini. Kita tak ingin, penyebaran wabah virus korona (Covid-19) ini di kawasan pasar seperti terjadi di Pasar Raya, Bandarbuat, maupun Lubukbuaya, semakin tak terkendali. Sehingga, upaya memutus mata rantai penyebaran virus korona ini semakin sulit,” ingat Hendri Septa.

Di samping itu, Hendri Septa sewaktu mengunjungi Pasar Lubukbuaya, dia mengingatkan pedagang tidak menutupi fasilitas cuci tangan yang sudah disediakan Pemko.

Petugas Satpol PP yang piket juga diminta selalu memperhatikan fasilitas yangg disediakan oleh Pemko Padang. (rdo)