Pospam, Cek Point, serta Dapur Umum Peduli Masyarakat

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto, memantau langsung personelnya saat pelatihan membuat masker di BLK Padang. (IST)

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengunjungi Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Check Point di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui langsung tentang tindakan yang sudah dilakukan polres dan polresta dalam masa pandemi Covid-19.

Dalam kunjungan pertama, Irjen Pol Toni Harmanto mengunjungi Pos Pengamanan Operasi Ketupat Batagak serta Pos Cek Poin Batagak yang berdampingan dengan Pospam.

Di Pospam Batagak, Kapolda memberikan arahan kepada petugas adalah agar tetap mengimbau masyarakat untuk tidak mudik, tetap memakai masker, menjaga jarak (physical distancing), dan jaga kebersihan.

Guna menekan kemungkinan pertambahan ODP, PDP dan positif Covid-19 di Sumbar, Kapolda Sumbar mengisyaratkan bahwa masing-masing Pos Larangan Mudik di wilayah-wilayah perlu diawasi dan dijaga lebih ketat.

“Ini untuk menangkal gelombang mudik, warga minang perantau yang menempuh jalur darat,” ujar Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Dirlantas Kombes Pol Yofie Girianto Putro.

Kapolda juga menekankan kepada anggota Polri yang melaksanakan tugas di pos, baik Pospam dan pos cek poin untuk selalu tetap menjaga kesehatan. “Tetap semangat dalam melaksanakan tugas,” support Kapolda dihadapan petugas Pos Pengamanan dan Pos Cek Poin.

Sebelum meninggalkan lokasi, Kapolda menyerahkan bingkisan berupa makanan dan minuman untuk menyemangati personel dalam melaksanakan tugas.

Usai melakukan pengecekan Pospam di Bukittinggi, Kapolda juga mengunjungi dapur umum TNI–Polri di Komplek Kodim 0304/Agam di Jalan Sudirman.

Di dapur umum tersebut, Kapolda melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan serta menu yang disediakan peronel gabungan Kodim Agam bersama Polres Bukittinggi.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda menyampaikan apresiasinya dihadapan seluruh personel, atas sinergitas pembuatan dapur umum TNI-Polri yang diperuntukkan kepada masyarakat.

“Melalui makanan yang dimasak di dapur umum ini, dapat membantu masyarakat yang kurang mampu yang terdampak Covid-19,” ujar Kapolda.

Tidak itu saja, pada kesempatan tersebut jenderal bintang dua ini menyempatkan dirinnya untuk ikut memasak bersama Dandim 0304/Agam, Letkol Victor dan Kapolres Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi Santoso.

Lantas dalam kegiatan tersebut, Kapolda juga meberikan arahan agar tetap menjaga sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam melaksanakan tugas sehari-hari, dan melalui tindakan dan perbuatan nyata di pandemik Covid-19 yang dilakukan TNI-Polri. ”Melalui dapur umum ini, dapat membantu saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolres AKBP Iman Pribadi Santoso mengaku bangga atas kunjungan Kapolda di dapur umum TNI-Polri yang telah dibangun bersama Kodim 0304/Agam. Menurut Kapolres tujuannya karena kepedulian Polri dan TNI untuk masyarakat.

“Kami peduli dan ingin berbagi untuk saudara kita yang berdampak wabah Covid-19 dan warga kurang mampu,” ungkap Kapolres bersama Dandim 0304/Agam.

Dikatakan, dapur umum Polri-TNI relatif sederhana namun bermanfaat. Untuk memasak nasi, sayur dan lauk bisa dilaksanakan setiap harinya. “Setiap hari, di dapur umum ini dimasak makanan untuk 200 hingga 300 bungkus nasi, dan sudah berjalan selama tiga kali dalam melayani masyarakat,” ungkap AKBP Iman Pribadi Santoso.

Setelah mengunjungi dan memasak didapur TNI-Polri, Kapolda juga membagikan makanan kepada masyarakat yang melintas di Jalan Sudirman. (cr10)