Berkumpul, Puluhan Warga Diangkut ke Kantor Polisi

Sejumlah warga digiring naik ke atas truk untuk dibawa ke Mapolresta Padang. Mereka diamankan polisi saat berkumpul di warung di kawasan GOR H. Agus Salim, kemarin. (Heru Irawan - Padang Ekspres)

Polresta Padang kembali mengamankan warga yang melanggar aturan PSBB dengan berkumpul-kumpul. Sedikitnya, ada 31 orang yang diamankan polisi di sejumlah warung di kawasan GOR H. Agus Salim Padang, kemarin (11/5).

Ke-31 warga tersebut langsung digiring ke atas truk polisi dan dibawa ke Mapolresta Padang untuk didata.

Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan mengatakan, pihaknya sudah banyak melakukan sosialisasi terkait PSBB di Kota Padang, bahkan patroli setiap hari dilakukan untuk mengimbau masyarakat Kota Padang supaya jangan berkumpul.

Namun kenyataannya masih ada sebagian warga yang tidak mematuhi aturan PSBB dan berkumpul-kumpul. Sehingga polisi mengambil tindakan tegas membawanya ke Polresta Padang.

“Hari ini kita kembali mengamankan puluhan warga yang masih berkumpul-kumpul. Bahkan ada yang sedang main kartu koa. Ke semuanya langsung kita giring ke Mapolresta Padang,” ungkap Kapolresta.

Selanjutnya, mereka didata satu per satu, difoto, membuat surat perjanjian dan diberi peringatan keras agar tidak mengulangi perbuatan serupa di kemudian hari.

“Jika peringatan ini tidak diindahkan, kalau mereka-mereka ketemu lagi kita tindak tegas dengan memenjarakan mereka. Mereka akan dikenakan Pasal 93 UU Kesehatan atau Pasal 216 KUHP dengan ancaman empat bulan dua minggu kurungan,” tegas Kapolresta.

Dia menambahkan, patroli ini akan terus dilakukan setiap hari baik siang maupun malam agar warga bisa disiplin mematuhi aturan PSBB. (err)