Wartawan Bantu APD Petugas Puskesmas di Zona Merah

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, hingga Minggu (12/4) terdapat 30 orang pasien positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Kota Padang. Dari jumlah tersebut, sebanyak dua orang berasal dari Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur.

Untuk membantu petugas puskesmas yang masuk zona merah penanganan Covid-19 tersebut, pewarta yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD).

Bantuan diserahkan Sekretaris IWO Sumbar Erwandi Teha kepada Kepala Puskesmas Andalas dr. Pratiwi, di halaman puskesmas tersebut, Senin (13/4).

Menurut Pratiwi, di masa pandemi saat ini pihaknya tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan melakukan pemantauan terhadap orang dalam pemantauan (ODP) secara berkala.

”Umumnya OPD Covid-19 yang kita pantau itu karena ada riwayat kontak dengan pasien dalam pengawasan (PDP) dan positif yang pulang dari Jakarta,” ujar Pratiwi.
Dalam bertugas, pihaknya optimistis bisa memenangkan perang melawan Covid-19. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan menjaga kekompakan.

APD di saat wabah saat ini menjadi benteng bagi para medis dalam menagani pasien Covid-19.

“IWO Sumbar sangat memahami kondisi ketersediaan APD. Rumah sakit rujukan saja tidak cukup-cukup membutuhkan APD, apalagi puskesmas yang pasti banyak minim APD. Padahal, petugas puskesmas ini melayani masyarakat setiap hari dan rentan terpapar. Maka perlu diperbanyak APD,” ujar Ketua IWO Sumbar Khadafi Azwar.

Jumlah yang diberikan terbatas, sehingga Khadafi berharap bantuan ini jadi penggerak bagi yang lain untuk melakukan kegiatan serupa ke puskesmas dan rumah sakit.

Sekretaris IWO Sumbar Erwandi Teha yang menyerahkan langsung APD berharap puskesmas tetap semangat menghadapi coronavirus.

”Para medis di saat wabah ini adalah pahlawan kami. Kami dukung apapun yang kamk bisa bagi dokter dan tenaga kesehatan. Tentu dengan cara dan kemampuan kami. Bagi kami dan masyarakat, semangat para medis yang optimistis, memberikan semangat pula bagi anak bangsa untuk bisa melawan Covid-19,” katanya. (rel)