12 Positif, 3 Sembuh, 1 Meninggal

(Foto: Jawapos.com)

Setelah kemarin tidak ditemukan kasus pasien positif virus korona atau Covid-19, Selasa (12/5/2020) kembali terjadi penambahan kasus pasien positif Covid-19 sebanyak 12 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal menyampaikan, 12 pasien positif Covid-19 tersebut tersebar di beberapa kelurahan dan kecamatan di Kota Padang.

Dia merinci 1 orang anak-anak berusia 6 tahun, warga Aurduri. Ia terinfeksi karena kontak dengan pasien positif sebelumnya. Saat ini anak tersebut dalam penanganan isolasi mandiri.

Lalu seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun, warga Anakaia seorang pelajar. Ia terinfeksi dari pasien sebelumnya dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Selanjutnya seorang pelajar, 15, warga Kelurahan Balaigadang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, dan saat ini melakukan isolasi mandiri.

Pasien positif selanjutnya adalah remaja, 15, warga Siteba, yang terinfeksi karena kontak dengan kasus pasitif. Saat ini pasien melakukan isolasi mandiri. Lalu, wanita, 42, warga Siteba, berprofesi sebagai pegawai swasta, dan terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi sebelumnya, sekarang isolasi mandiri.

Kemudian wanita, 53, warga Berok Siteba, pegawai Kodim, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Wanita, 29, warga Puruskabun, yang berprofesi sebagai dokter. Diduga terinfeksi dari rumah sakit.

Pasien selanjutnya seorang wanita, 55, pekerjaan sebagai anggota Polri dan saat ini melakukan isolasi mandiri, dan juga seorang pria yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Lalu seorang wanita, 38, warga Pasarambacang, yang sehari-hari adalah ibu rumah tangga (IRT) terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi sebelumnya. Saat ini pasien dirawat di RSUP M Djamil Padang.

“Lalu dua orang pedagang Pasar Raya Padang yang masing-masing adalah pria, 65, warga Alai Parak Kopi dan seorang pria, 42, warga Dadok Tunggulhitam. Keduanya melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Selain adanya penambahan kasus pasien positif Covid-19, juga ditemukan satu pasien positif yang meninggal dunia. Pasien tersebut adalah seorang pria, 52, warga Lubuk Minturun, pekerjaan wiraswasta, yang dirawat di RSUD Dr. Achmad Muchtar Bukittinggi.

Kemudian di Kota Padang juga terkonfirmasi tiga pasien positif yang dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali pemeriksaan swab mulut dan tenggorokan.

Jasman mengatakan, tiga pasien tersebut yakni wanita, 71, warga Puruskabun, pekerjaan wiraswasta, yang sebelumnya dirawat di RSUD M. Djamil Padang dan pria, 79, warga Puruskabun, pekerjaan wiraswasta, juga dirawat di RSUD M. Djamil Padang.

Pasien ketiga adalah pasien yang berasal dari Kelurahan Bandarbuat. “Dengan penambahan 3 pasien sembuh, maka total kasus pasien sembuh di Kota Padang berjumlah sebanyak 43 orang,” ungkap Jasman.

Berdasarkan data terkini perkembangan Covid-19 di Kota Padang melalui website dinkes.padang.go.id tercatat ada 189 kasus positif Covid-19, 43 orang pasien sembuh, 15 orang meninggal dunia, 60 orang negatif, dan 38 orang menunggu hasil.

Sementara untuk jumlah Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPT) tercatat ada 2086 orang yang terdiri dari 12 orang baru dipantau dan 35 orang selesai dipantau. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 86 orang dengan rincian 15 baru dipantau dan 3 orang sembuh.

Sedangkan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) tercatat ada sebanyak 110 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 145 orang. (a/i)