Bantuan JPS Pemko Padang Disalurkan

(Foto: IST)

Akhirnya yang ditunggu-tunggu warga mulai menampakkan titik terang. Sebanyak 74.126 KK penerima jejaring pengaman sosial (JPS) berupa bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 600 ribu dari Pemko Padang, telah diumumkan di tiap kelurahan Selasa (12/5/2020).

Kendati telah diumumkan, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang mengklaim belum menemukan dan menerima laporan terkait data penerima bantuan ganda atau telah meninggal dunia.

“Sampai sekarang belum ada kami terima laporan. Mudah-mudahan tidak ada ya,” ungkap Kepala Dinsos Kota Padang Afriadi kepada Padang Ekspres, kemarin.

Namun, sambungnya, sesuai dengan surat dari Wali Kota Padang, jika ditemukan atau ada laporan penerima bantuan ganda dan telah meninggal dunia, bantuan tersebut akan dikembalikan lagi ke kas daerah.

“Kemungkinan itu akan disalurkan kepada masyarakat yang belum terdata sebagai penerima bantuan dari Pemko Padang dan bantuan lainnya,” imbuhnya.

Afriadi menyatakan, bagi masyarakat dengan identitas penduduk Kota Padang yang belum terdata sebagai penerima bantuan dari Pemko Padang dan bantuan lainnya, namun masuk dalam kategori penerima BLT dari Kota Padang, bisa melapor kepada RT setempat dengan membawa KTP dan KK untuk dimasukkan sebagai penerima bantuan.

“Nanti RT akan menyerahkan datanya ke lurah, lurah menghimpun untuk selanjutnya diserahkan kepada Dinas Sosial. Kalau ada bantuan akan dimasukkan mereka sebagai penerima bantuan. Atau jika ada penerima ganda atau meninggal dunia, akan dialihkan kepada mereka,” terangnya.

Lebih lanjut Afriadi menyampaikan, penyaluran JPD berupa BLT senilai Rp 600 ribu per-KK dari Pemko Padang, akan disalurkan via transfer rekening dari Dinsos kepada rekening kelurahan, lalu dari lurah kepada RT, selanjutnya RT memberikan langsung kepada masing-masing penerima.

“Hari ini (kemarin, red) saya mau transfer ke rekening kelurahan. Sekarang lurah berada di Bank Nagari membuat spesimen tanda tangannya. Jadi, besok (hari ini, red) insya Allah sudah bisa disalurkan oleh RT kepada penerima,” katanya. (*)