Penyaluran BLT Tahap Dua Terancam Molor

ilustrasi. (net)

Bantuan langsung tunai (BLT) tahap dua dari APBD Kota Padang, kepada masyarakat terdampak Covid-19, hingga kemarin (12/8) masih belum disalurkan. Padahal Pemko Padang telah berkomitmen bahwa penyaluran bantuan dalam bentuk uang tunai tersebut bakal disalurkan paling lambat dalam pekan ini.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sekaligus Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul kepada Padang Ekspres menegaskan, BLT tahap dua akan segera disalurkan.
“BLT tahap dua akan segera diberikan. SP2D (surat perintah pencairan dana) sudah dibuat. Kita selesaikan administrasinya dulu,” kata Amasrul.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil verifikasi dan validasi (verval) data yang diajukan Dinas Sosial Kota Padang kepada TAPD, total masyarakat yang akan menerima BLT tahap dua ini 62.131 kepala keluarga (KK).

Namun ia tidak merinci berapa nominal bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat sebagai penerima bantuan. “Nanti aja setelah diterima masyarakat itu nanti,” tukas Amasrul.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mendesak agar Pemko Padang segera mencairkan BLT tahap II. Menurutnya, berdasarkan Perwako Nomor 33 Tahun 2020 bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 tersebut diberikan sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan. “Sampai saat ini masyarakat terus menanyakan kapan BLT tahap dua ini dicairkan. Dan kami mendesak BLT tahap dua itu bisa secepatnya dicairkan,” tuturnya. (i/eri)